Padang (ANTARA News) - Sebanyak 200 orang menjalani operasi katarak gratis dari Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Barat berkerjasama dengan Yayasan Ranah Minang, Rumah Sakit Sitirahmah serta ikatan dokter mata dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar di Kota Padang.

Ketua BKOW Sumbar, Wiwid Marlis Rahman, di Padang, Jumat, mengatakan operasi katarak secara gratis ini rutin diadakan setiap tahunnya bagi masyarakat kurang mampu kota dan kabupaten se-Sumbar.

"Kita memberikan operasi katarak ini yang dilakukan oleh kota dan kabupaten se-Sumbar dimana pelaksanaan dilakukan di Kota Padang", ujarnya.

Tempat terpisah Wakil Gubernur Sumbar, Marlis Rahman, di Padang, Jumat, mengatakan kegiatan ini hendaknya dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesehatan masyarakat.

"BKOW telah memberikan perhatian dan kepeduliannya bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat, yang diwujudkan melalui pelaksanaan operasi mata katarak gratis bagi masyarakat kurang mampu",ungkapnya.

Dia menambahkan, keyakinan kita bersama dalam mewujudkan visi Indonesia sehat tahun 2010 serta mewujudkan kualitas hidup masyarakat khususnya yang kurang mampu dan kurang beruntung.

"Kegiatan yang dilakukan oleh BKOW Sumbar memberikan dampak yang positif terhadap kwalitas hidup masyarakat dengan mempertimbangkan manfaat dan efektifitas.

Dia mengatakan, masalah kesehatan merupakan hal yang sangat vital dalam kehidupan, setiap manusia berhak untuk hidup dan sehat.

"Terlebih lagi masalah kesehatan indera penglihatan (mata) merupakan indera utama dalam diri kita yang merupakan syarat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009