Bangkok (ANTARA News) - Pembukaan Kejuaraan Bela Diri Asia atau Asian Martial Arts Games (AMAG) 2009 Thailand mendapat antusias penonton karena dimeriahkan dengan atraksi tokoh pewayangan Ramaya yang membawa sekaligus menyalakan api AMAG di Indoor Stadium Huamark Sport Authoruty of Thailand, Bangkok.

Pembukaan event tersebut tepat dilaksanakan Sabtu yang diawali dengan upaca resmi oleh Pangeran Mahkota Thailand, Maha Vajiralongkorn.

Acara pembukaan menjadi meriah dengan kemunculan oleh tokoh Ramayana serta atraksi bela diri dalam mempertahankan Sinta.

Setelah mengalahkan sejumlah musuhnya Ramayana berhasil naik ke atas panggung yang di sisi kiri-kanannya terdapat gambar gajah putih raksasa.

Permainan cahaya lampu berwarna-warna serta hadirnya puluhan penari wanita Thailand.

Ramayana berhasil menyalakan api obor AMAG yang disertainya dengan tembakan kembang api yang berwarna-warni sehingga mendapat sambutan meriah sedikitnya 5.000 orang yang memadati Stadium Huamark.

Sementara itu, Ketua Kontingen Indonesia, Awang Faroek Ishak menyatakan bahwa Indonesia dalam event itu tidak menargetkan prestasi muluk-muluk namun yang terpenting bisa berbuat optimal.

"Kita menyadari bahwa sebagian lawan kita adalah berasal dari negara yang melahirkan cabang olahraga ini, misalnya judo dan karate dari Jepang dan Taekwondo dari Korea, namun justru kita bangga cabang silat dipertandingan, paling tidak kita ingin mencuri medali dari silat," katanya.

Dari sembilan Cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni karate, wushu/kungfu, taekwondo, muangthay, kickboxing, Jujitsu, judo, Kurash, dan pencak silat.

Indonesia hanya berpartisipasi pada lima cabang olahraga, yakni judo, pencak silat, wushu, karate dan taekwondo.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009