Kebun Binatang Bandung terima bantuan ayam beku dari Ketua MPR

Kebun Binatang Bandung terima bantuan ayam beku dari Ketua MPR

Seorang pawang satwa memberi pakan kepada dua ekor Jerapah (Giraffa) Afrika yang merupakan koleksi terbaru di Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.

sudah ada 52 orang yang menyumbang ada
Bandung (ANTARA) - Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga) telah menerima bantuan berupa 1.000 potong ayam beku dari Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo untuk menambah stok pakan satwa yang menipis.

Huma Bazoga, Sulhan Syafii mengatakan bantuan tersebut tentunya bisa memperpanjang nafas kehidupan para satwa. Pasalnya, stok pakan terus menipis sejak tidak adanya pengunjung akibat pembatasan sosial karena COVID-19.

"Bantuan ayam itu cukup untuk satu bulan, makan hewan karnivor buaya dan mereka makan daging semua," kata Sulhan di Bandung, Sabtu.

Selain bantuan ayam beku, menurutnya Ketua MPR juga memberikan 200 paket bantuan untuk karyawan yang bekerja di Bazooga. Lalu sejumlah bantuan pakan satwa juga telah diterima dari sejumlah pihak sejak beberapa waktu lalu.

"Setiap hari ada saja yang membawakan sayuran, sampai hari Selasa kemarin itu sudah ada 52 orang yang menyumbang ada juga satu orang sampe empat kali nyumbang," kata dia.

Dia memperkirakan, tambahan stok pakan satwa dari sejumlah bantuan itu, baik karnivora dan herbivora akan cukup hingga bulan Agustus. Selebihnya, kata dia, pihaknya masih perlu mempersiapkan skenario terburuk apabila krisis pakan terjadi.

Baca juga: Hadapi pandemi COVID-19, kebun binatang terapkan metode khusus

Baca juga: Bamsoet ajak masyarakat jadi orang tua asuh bagi hewan kebun binatang


"Karena kita juga belum tahu pandemi ini sampai kapan, kalau dalam jangka waktu tiga atau empat bulan lagi, kita belum tahu," katanya.

Dengan demikian, ia menyampaikan bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan bantuan pakan hewan, bisa langsung datang ke Bazooga yang berlokasi di Jalan Tamansari, Kota Bandung.

Bantuan itu, kata dia, juga bisa disalurkan melalui rekening Bazooga.

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (Gerak BS), Relawan 4 Pilar MPR RI, dan Motor Besar Indonesia (MBI) memberikan bantuan seribu ekor ayam untuk menjadi konsumsi satwa di kebun binatang Bandung, Bandung Zoological Garden (Bazoga).

Selain itu, bantuan sosial berupa paket sembako juga diserahkan untuk para karyawan Bazoga. Bantuan itu diserahkan sebagai dukungan untuk Bazoga yang mengalami krisis pemasukan dan pakan karena tidak adanya pengunjung akibat pembatasan sosial karena COVID-19.

"Bantuan seribu ayam ini, mudah-mudahan bisa mengurangi beban manajemen kebun binatang sehingga tak sampai melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya, sekaligus memastikan para hewan di sana tak kelaparan," kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Jumat (15/5)

Baca juga: PKBSI galang donasi untuk satwa lewati masa pandemi COVID-19
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kebun Binatang di Batang batasi jumlah pengunjung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar