MotoGP

Alex Marquez juarai Grand Prix virtual di Misano, Rossi rasakan podium

Alex Marquez juarai Grand Prix virtual di Misano, Rossi rasakan podium

Alex Marquez menjuarai seri keempat balap virtual MotoGP yang digelar di sirkuit virtual Misano, San Marino. Marc Marquez finis runner-up dan Valentino Rossi melengkapi podium di peringkat tiga. (MotoGP.com)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Repsol Honda Alex Marquez memenangi Grand Prix virtual MotoGP seri keempat yang digelar di sirkuit virtual Misano, Minggu, sementara Valentino Rossi mampu finis podium pada balapan di kampung halamannya itu.

Itu merupakan kemenangan kedua Alex, setelah seri perdana balap virtual yang digelar MotoGP di tengah kekosongan musim karena pandemi virus corona.

Alex merebut kemenangan itu dengan menyalip sang kakak, Marc, di tikungan akhir jelang finis lomba virtual sepanjang sembilan putaran itu.

Baca juga: Balap virtual seri keempat MotoGP menuju kandang Rossi di Misano

Sedangkan Rossi, mendapat hadiah podium setelah Fabio Quartararo dari tim Petronas Yamaha SRT terjatuh di tikungan terakhir.
Quartararo yang start dari pole position lolos dari kekacauan lap pembuka di mana sejumlah pebalap, seperti Maverick Vinales dan Francesco Bagnaia terlibat kecelakaan jelang tikungan pertama.

Namun, Quartararo membuat kesalahan ketika memimpin jauh di lap ketiga sehingga Alex, yang terpaut 5 detik di belakang mampu, mengambil alih posisi pimpinan lomba.

Alex mampu menjaga jaraknya 0,5 detik di depan Quartararo yang mengejar di belakang. Namun di lap ketujuh, Quartararo menyerang di tikungan dan terlibat senggolan dengan Alex sehingga kedua pebalap terjatuh.

Baca juga: Vinales raih kemenangan perdana Yamaha di balapan virtual MotoGP

Marc Marquez mengambil spot terdepan untuk yang memimpin lomba untuk pertama kalinya.

Lagi-lagi Quartararo membuat kesalahan di tikungan terakhir ketika memburu dua pebalap di depannya, sehingga Valentino Rossi, yang berusaha tampil minim kesalahan, mencuri peringkat ketiga untuk finis podium pertama kalinya.

"Saya ingin memberikan podium itu untuk Valentino di Grand Prix kandangnya," canda Quartararo setelah lomba.

Baca juga: Rossi menikmati debutnya di balapan virtual MotoGP

Rossi pun bergaya dengan menggotong salah satu trofi yang ia miliki di rumahnya.

"Aku sangat senang dapat podium ini karena hasil yang penting untuk home GP. Aku berlatih pekan ini dengan merasa lebih baik dengan gim (MotoGP) 2020 dan ini untuk timku serta para fan," kata Rossi.

"Terima kasih, Fabio," kata pebalap tim Monster Energy Yamaha itu
Sebelas pebalap yang ambil bagian di seri keempat grand prix virtual itu tampak menikmati dan terhibur dengan dibarengi candaan.

"Ini podium pertamaku di seri MotoGP virtual, sekarang aku bisa pensiun dari gim ini," kata Marc yang disambut tawa rekan-rekannya.

"Tapi sayang saudaraku menyalipku di tikungan terakhir, jadi kemungkinan nanti kami akan bicarakan itu karena aku tak suka kalah di tikungan terakhir," kata Marc.

Baca juga: Duel ketat dengan Vinales, Bagnaia juara balap virtual ke-2 MotoGP

Alex pun merayakan kemenangan keduanya di seri virtual hari itu.

"Aku sangat gugup, Fabio sangat cepat hari ini. Paling cepat di antara yang lain, 1 detik per lapnya."

"Ketika ia membuat kesalahan, oke... aku mencoba mengerem lebih lambat dan menyerang. Tapi mental dia kebalikannya, mencoba menyerang di brake point seperti di realita," kata Alex.

Baca juga: Alex Marquez menangi balapan virtual perdana MotoGP
Baca juga: Obati kerinduan fans, MotoGP akan hadirkan balapan virtual

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pandemi, pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika tetap berjalan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar