Jakarta (ANTARA News) - Lagu "Tak Gendong" milik penyanyi sepuh almarhum Mbah Surip telah diaktivasi oleh lebih dari 60.000 pelanggan Indosat.

"Jumlah pelanggan yang mengaktifkan RBT (Ring Back Tone -red) Mbah Surip dari Februari 2009 sampai Juni 2009 saja sekitar 60.000 pelanggan," kata Division Head Content Management Indosat, Dhoya Sugarda yang dihubungi di Jakarta, Selasa.

Meskipun belum dihitung secara detil, Dhoya mengatakan, jumlah tersebut terdiri dari 3.500 pelanggan Indosat yang mengaktivasi bulanan dengan biaya Rp7.000 dan ada 51.500 pelanggan Indosat yang mengaktivasi mingguan dengan Rp3.000.

"Untuk pendapatan dari RBT Mbah Surip kita belum tahu karena kita belum hitung," kata Dhoya.

Dia juga enggan menjelaskan lebih lanjut berapa persen dari pendapatan RBT untuk Mbah Surip karena kerja sama Indosat melalui label tempat Mbah Surip bernaung.

Indosat sendiri belum melakukan rencana apapun terkait dengan meninggalnya Mbah Surip.

"Sampai detik ini belum ada rencana apa-apa karena masih koordinasi dengan label dan CP (content provider) mereka akan melakukan apa," tambah Dhoya.

Jenazah musisi reggae Mbah Surip kini disemayamkan di rumah seniman WS Rendra di daerah Cipayung, Pondok Gede, Jakarta, Timur sekitar pukul 14.30 WIB.

"Sekarang jenazah ada di rumah WS Rendra," kata temen dekat almarhum Mbah Surip, Edy Karsito.

Edy menjelaskan sebelum dibawa ke rumah WS Rendra, jenazah Mbah Surip dimandikan dan dikafankan di rumah pelawak Srimulat Mamiek Prakosa.

Setelah itu, jenazah penyanyi "Tak Gendong" itu dibawa oleh keluarganya ke rumah WS Rendra sesuai permintaan almarhum.

Mbah Surip meninggal dalam perjalanan menuju ke RS Pusdikkes, Jakarta Timur sekitar pukul 10.20.

Edy mengatakan keluarga menduga Mbah Surip meninggal dikarenakan serangan jantung.

Mbah Surip yang lahir di Magersari, Mojokerto, Jawa Timur, meninggalkan empat orang anak dan empat orang cucu.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009