Temasek Singapura pesan 2,5 juta masker dari Batam, bakal dibagi ke RI

Temasek Singapura pesan 2,5 juta masker dari Batam, bakal dibagi ke RI

Ilustrasi: Aktivitas di rumah produksi masker Desa Menang, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel. ANTARA/HO-Badan Restorasi Gambut/aa. (ANTARA/Handout BRG)

Nantinya sebagian besar dibagikan di Indonesia dan Singapura dan didonasikan ke negara ASEAN yang membutuhkan
Batam (ANTARA) - Yayasan Temasek Singapura memesan 2,5 juta masker yang bisa dipakai berulang kali ke pelaku usaha di Kota Batam.

"Mulai Mei sampai akhir Juni, Temasek memesan 2,5 juta masker yang bisa digunakan kembali. Pembuatnya di Batam," kata Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya dalam telekonferensi, Senin.

Rencananya, masker yang dapat digunakan kembali itu akan dibagikan untuk masyarakat Kepulauan Riau. Selain itu, Temasek juga memesan 6 juta masker yang bisa digunakan kembali dari Jawa Tengah.

"Nantinya sebagian besar dibagikan di Indonesia dan Singapura dan didonasikan ke negara ASEAN yang membutuhkan," kata dia.

KBRI di Singapura terus mendorong kerja sama dengan Temasek. Selain bantuan yang terus disalurkan yayasan itu, pihaknya juga mendukung produk UMKM di Indonesia digunakan dalam penanganan COVID di "Negara Singa" itu.

Saat ini bentuk kerja sama masih pada respons cepat. Namun begitu pandemi sudah bisa diatasi, maka KBRI mendorong kerja sama pengadaan obat, vaksin dan sebagainya.

Baca juga: RI ekspor 3 kontainer tempat tidur ke fasilitas COVID-19 di Singapura


Sementara itu  Yayasan Temasek Singapura kembali menyalurkan bantuan perlengkapan penanganan dan alat tes COVID-19 untuk Provinsi Kepulauan Riau, Riau dan Kota Jambi.

Chief Executive Temasek Foundation International Benedict Cheong menyatakan dalam menangani COVID-19 terdapat tiga langkah yaitu diagnosa, perawatan dan pencegahan.

Hari ini Temasek memberikan bantuan untuk diagnosa dan pencegahan yaitu test kit COVID-19 dan 700 drum, 70 intermediate bulk container dan 5.000 liter F10 konsentrat sanitiser.

Perlengkapan tes COVID-19 diberikan untuk Kepri yaitu 6 unit MGIEasy Magnetic Beads Virus DNA/RNA Extraction kit untuk melengkapi bantuan 50 unit fortitude kit 2.0 yang sudah diberikan pada 3 April 2020.

Sedangkan untuk Kota Jambi yaitu 50 unit fortitude dan 6 unit MGIEasy Magnetic Beads Virus DNA/RNA Extraction kit.

Baca juga: Temasek Singapura salurkan bantuan untuk Kepri, Riau dan Jambi

Baca juga: Singapura berpacu membangun tempat tidur untuk pasien COVID-19


 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kasus baru COVID-19 Kota Tangerang berasal dari klaster perkantoran

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar