Mamuju (ANTARA News) - Anggota Komisi IV DPR-RI, Jakobus K Mayongpadang dalam kungjungan reses di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) meminta agar Rumah Tangga Sasaran (RTS) untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB).

"Saya minta kepada masyarakat, khususnya yang masuk kategori RTS untuk ikut ber KB untuk mengurangi beban biaya hidup, " kata Jakobus Anggota DPR-RI dari Partai PDI-P daerah pemilihan Sulbar itu, Rabu.

Menurut Yakobus, dengan ikut ber KB, maka jalan menuju keluarga sejahtera akan terbuka lebar, karena dengan ikut serta dalam KB, maka otomatis beban hidup RTS akan tidak membengkak lagi.

"Ikut program KB adalah salah satu jalan yang cukup jitu untuk mengurangi beban hidup saat ini khususnya masyarakat ekonomi lemah, " ungkapnya.

Menurut dia, program KB yang saat ini dikampanyelkan oleh pemerintah adalah salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya ledakan penduduk yang setiap tahunnya terus tumbuh.

Apabila tidak cepat diantisipasi, tandas, Yakobus, maka ancaman ledakan penduduk akibat tingginya angka kelahiran yang akan menjadi pemilcu tingkat pengangguran dan jumlah angka kemiskinan akan bertambah pula karena tidak dibarengi dengan perluasan lapangan kerja yang saat ini semakin sulit.

"Ledakan penduduk adalah ancaman besar bagi kita yang harus segera diantisipasi. Makanya, pemerintah menggalakkan kembali program KB sebagai upaya untuk menuju keluarga sejahtera dan bahagia," ungkapnya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009