Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Jambi kluster pasar

Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Jambi kluster pasar

Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyampaikan perkembangan data pasien terkonfirmasi COVID-19 di Kota Jambi, Senin (18/5/2020). ANTARA/Muhamad Hanapi

ini merupakan kluster baru
Jambi (ANTARA) - Muncul kluster baru terhadap pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Jambi, kali ini satu orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Jambi merupakan kluster pasar tradisional dan merupakan transmisi lokal.

“Hasil uji swab satu orang pedagang pasar tradisional di Kota Jambi positif terkonfirmasi COVID-19, dan ini merupakan kluster baru, kami sebut sebagai kluster pasar,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Senin.

Satu minggu yang lalu, Gugus Tugas COVID-19 Kota Jambi melakukan rapid test masal terhadap pedagang di pasar-pasar tradisional. Hasilnya ditemukan 25 orang pedagang reaktif atau terinfeksi virus.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Jambi bertambah jadi 65 orang
Baca juga: Pemprov Jambi alokasikan bantuan untuk 30.000 KK terdampak COVID-19


Pada Senin (18/5) hasil uji swab dua pedagang di pasar tradisional di terima oleh Gugus Tugas COVID-19 Kota Jambi. dimana satu orang dinyatakan positif terkonfirmasi COVID-19 dan satu orang hasil uji swab-nya negatif. Sementara pedagang pasar lainnya yang hasil rapid test nya reaktif saat ini sedang menjalani isolasi dan masih menunggu hasil uji swab.

“Satu orang pasien terkonfirmasi COIVD-19 kluster pasar tersebut berinisial OV, seorang laki-laki berusia 25 tahun merupakan warga Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin,” kata Syarif Fasha.

Tidak hanya OV, penambahan pasien positif COVID-19 asal Kota Jambi, juga bertambah pada Minggu (17/5) lalu. Pasien tersebut berinisial SK seorang perempuan berusia 45 tahun. SK merupakan orang tua dari salah satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 asal Kota Jambi inisial DF.

Baca juga: Gadis tujuh tahun positif corona di Jambi terpapar dari sebaran lokal
Baca juga: Gubernur Jambi tindaklanjuti khasiat daun "Sungkai" obati COVID-19


SK di duga terinfeksi COVID-19 karena melakukan perawatan terhadap anaknya. Dimana sebelum hasil uji swab anaknya keluar, OV mendampingi memberi perawatan terhadap anaknya tersebut.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas COVID-19 Kota Jambi per-tanggal 18 Mei, sudah terdapat 26 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Jambi, dan se-Provinsi Jambi sudah ada 81 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

Di Kota Jambi saat ini masih terdapat 21 orang pedagang pasar tradisional yang menunggu hasil uji swab dan tengah menjalani isolasi di Gedung Graha Lansia, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.

Baca juga: "Rapid test" 700 warga Kota Jambi, 14 terinfeksi positif COVID-19
Baca juga: Jam malam di Kota Jambi tetap berlaku hingga pukul 21.00 WIB
Baca juga: Meski pandemi COVID-19, Kementan sebut penyuluh tetap dampingi petani


Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jambi dapat tambahan 11.200 dosis vaksin COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar