PTPN V salurkan ribuan paket sembako senilai Rp1 miliar di Riau

PTPN V salurkan ribuan paket sembako senilai Rp1 miliar di Riau

Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa (tengah) bersama Bupati Kampar Catur Sugeng (kanan) menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat Desa Kasikan, Kecamatan Tapung Hulu, Kampar, Riau. PTPN V sendiri menyalurkan 7.000 paket sembako kepada masyarakat Riau senilai Rp1 miliar untuk meringankan beban masyarakat terdampak Corona serta mensukseskan program new normal Pemerintah. ANTARA/HO-Humas PTPN V/am.

Pekanbaru (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara V menyalurkan 7.000 paket berisi kebutuhan sembilan bahan pokok senilai lebih dari Rp1 miliar kepada masyarakat terdampak Corona Virus Disease (COVID-19) ke berbagai kabupaten kota di Provinsi Riau, Rabu.

Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa dalam keterangannya di Pekanbaru mengatakan penyaluran bantuan itu dilaksanakan di 106 titik tersebar di Bumi Lancang Kuning tersebut.

Ia menjelaskan langkah perusahaan perkebunan milik negara terbesar di Riau itu juga sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mewujudkan kehidupan normal baru atau new normal, sehingga membutuhkan soliditas dari seluruh elemen dapat segera terwujud.

Baca juga: PTPN VII menebar kebaikan dengan santuni yatim-piatu dan dhuafa

"COVID-19 telah menggoyangkan berbagai sendi kehidupan. Saat ini, pemerintah telah mencanangkan program new normal. Sehingga Kami berkomitmen untuk senantiasa hadir, memberikan kontribusi agar tatanan baru kehidupan di masa pandemi ini dapat terlaksana secara optimal," katanya di sela-sela penyerahan paket sembako bantuan Direksi, Komisaris, dan CSR PTPN V di Desa Kasikan, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar Riau.

Desa Kasikan sendiri merupakan salah satu wilayah operasi PTPN V yang menjadi satu dari 106 titik penyaluran bantuan yang berlangsung di enam kabupaten dan kota se Riau.

Jatmiko mengatakan sejak awal pandemi corona melanda Indonesia, serta menyebar di Riau, PTPN V yang tengah berencana untuk melantai di Bursa Saham itu telah melaksanakan perubahan dan penyesuaian operasional bisnis, sesuai dengan program new normal yang digalakkan pemerintah saat ini.

"Sejak penetapan Pandemi COVID-19 sebagai bencana nasional kami sudah melakukan perubahan dan penyesuaian operasional bisnis seperti saat new normal saat ini. Karena apabila kami tidak melakukan penyesuaian dan memilih berhenti beroperasi sejak dua bulan yang lalu maka perusahaan akan mengalami potential loss sekitar Rp400 miliar yang pada akhirnya bisa menjadi beban negara selaku pemegang saham kami," jelas dia.

Baca juga: Tiga provinsi di Kalimantan dapat bantuan APD kesehatan dari PTPN XIII

Lebih jauh, Jatmiko mengatakan setiap paket sembako yang diserahkan kepada masyarakat terdampak corona, termasuk juga membantu meringankan beban mereka menyambut idul Fitri itu berisi 10 kilogram beras, satu liter minyak makan, sekilo gula dan mi instan.

Seluruhnya berasal dari sumbangan Tunjangan Hari Raya Direksi dan Komisaris serta corporate social responsibility PTPN V.

"Semoga paket bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak COVID, membantu masyarakat untuk bisa menata kehidupan baru, bekerja dan kembali beraktivitas, dengan tetap memperhatikan upaya-upaya memutus rantai penyebaran virus ini", harap Jatmiko.

Di tempat yang sama, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto menyampaikan apresiasinya terhadap PTPN V yang fokus dalam membantu masyarakat, tidak hanya pada situasi normal namun juga di tengah pandemi.

"Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada PTPN V yang selalu ada untuk masyarakat. Utamanya masyarakat di sekitar lingkungannya. Semoga hal ini bisa diikuti oleh pelaku usaha lainnya. Bersama-sama kita bisa hadapi pandemi ini," kata Catur.

PT Perkebunan Nusantara V yang tergabung di dalam Satgas BUMN Penanganan Bencana COVID-19 di Provinsi Riau sejak awal fokus dalam memberikan berbagai bantuan kepada berbagai pihak yang terdampak.

Sebelumnya anak perusahaan Holding Perkebunan Negara tersebut juga telah menyalurkan 450 alat pelindung diri medis untuk petugas kesehatan, hingga 1.300 paket sembako bagi masyarakat. Terakhir, disamping menyerahkan 7.000 paket sembako secara serentak di Provinsi Riau, di hari yang sama, RS Tandun menerima bantuan perlengkapan medis untuk ruang isolasi pasien COVID-19 yang juga berasal dari Donasi THR Direksi dan Komisaris PTPN V.

Baca juga: PTPN VIII donasi teh premium ke rumah sakit di Jabar dan Banten
Baca juga: Bentuk satgas, PTPN III siapkan skenario "The New Normal"
Baca juga: Kediri terima bantuan gula pasir 1 ton dari PTPN X

Pewarta: Anggi Romadhoni
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden ingin penyelesaian sengketa tanah aset di Sumut adil dan cepat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar