Bukti akan komitmen PTPN Group yang terus bertransformasi menuju modernisasi industri perkebunan.
Pekanbaru, (ANTARA) - Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) melalui anak perusahaannya PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Indonesia Digital Innovation and Achievement Award 2023 yang digelar di Jakarta.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) Mohammad Abdul Ghani dalam keterangan tertulisnya diterima di Pekanbaru, Jumat, mengapresiasi atas keberhasilan PTPN V yang meraih tiga penghargaan sekaligus.

Ia mengatakan penghargaan tersebut merupakan bukti akan komitmen PTPN Group yang terus bertransformasi menuju modernisasi industri perkebunan.

"Penghargaan ini merupakan bukti bahwa kami telah bertransformasi. Bidang perkebunan dan industri kelapa sawit selama ini dikelola secara konvensional, dan kini saatnya kami menjadi pionir untuk bertransformasi menuju modernisasi dengan memanfaatkan teknologi digital," kata Ghani

Ketiga penghargaan yang diraih PTPN V adalah Best Overall Digital Innovation and Achievement 2023 dan Best Digital Technology and IoT Implementation 2023 In Agroindustry serta satu penghargaan dianugerahkan kepada Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko Santosa untuk kategori Best CEO In Digital Innovation and Achievement of The Year 2023.

Penghargaan yang diraih PTPN V, katanya lagi, tak lepas dari pemanfaatan internet of things dalam mendukung transformasi digital. Beragam inovasi yang dihasilkan tidak hanya sebagai supporter, melainkan sebagai driver kemajuan perusahaan.

CEO PTPN V Jatmiko Santosa memaparkan bahwa dalam penerapan digitalisasi sejalan dengan pelaksanaan Corporate Strategy, yaitu dengan Reducing Cost dan Increasing Value, sehingga terbentuk Value Innovation.

Selain itu, PTPN V juga melakukan inovasi di bidang lainnya, misalnya dalam aspek administrasi, PTPN V menggunakan portal yang diberi nama e-Office PTPN V. Platform ini berfungsi untuk mengubah semua sistem administrasi menjadi sistem digital, sekaligus paperless (tanpa kertas).

Kemudian peran PTPN V sebagai katalisator ekonomi juga mendapat perhatian serius dalam implementasi transformasi digital. Bersama masyarakat, mitra dan pihak terkait PPTN V melanjutkan komitmennya untuk tetap tumbuh positif secara berkelanjutan.

"Digitalisasi merupakan bagian penting dalam transformasi PTPN V. Di sini ada perjuangan untuk menata dan mentransformasi budaya. Dari yang terfragmentasi menjadi terintegrasi. Dari yang serba manual menjadi terdigitalisasi, lebih cepat dan akurat," ujarnya pula.
Baca juga: PTPN V dan Aiken Jepang membangun pembangkit tenaga biogas
Baca juga: PTPN V-RPN lakukan riset sistem sensorik, tingkatkan produksi CPO

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023