Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan penghargaan Lencana Melati kepada sejumlah menteri dan gubernur, atas jasanya dalam perkembangan Gerakan Pramuka termasuk dalam membantu pihak lain dalam menjalankan  tugasnya.

Penyerahan penghargaan itu dilakukan oleh Presiden dalam acara peringatan Hari Pramuka ke-48 di Lapangan Gajah Mada, Cibubur, Jakarta Timur.

Penghargaan Lencana Melati diberikan antara lain kepada Mendiknas Bambang Soedibyo dan Meneg BUMN Sofyan A Djalil serta empat gubernur selaku Kamabida Gerakan Pramuka yaitu Gubernur Kalimantan Timur, Jawa Timur, Bangka Belitung dan Maluku.

Sementara itu penerima Lencana Melati dari luar negeri adalah Menteri Belia dan Sukan Malaysia Dato Ahmad Shabery bin Cheek, Secretary General Boy Scout Filipina Jose Rizal C Pangilinan, dan anggota Komite Pramuka Kawasan Asia Pasifik rakorb Mukura.

Menurut Biro Abdimas dan Humas Kwarnas Pramuka, Septembri Yanti, penghargaan yang diberikan Gerakan Pramuka itu adalah masing-masing Lencana Melati untuk 222 orang, Lencana Darma Bakti untuk 564 orang, Lencana Wiratama kelas III kepada tiga orang, Lencana Karya Bakti bagi 16 orang dan Lencana Teladan kepada tiga orang peserta didik asal Jawa Timur.

Upacara peringatan Hari Pramuka kali ini diikuti sekitar 3.000 anggota Pramuka Penggalang dan Penegak dari sejumlah Kwarcab dari DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Tema peringatan Hari Pramuka kali ini adalah "Tingkatkan Peran Gerakan Pramuka dalam Membangun Karakter dan Kepemimpinan Bangsa".

Selaras dengan itu, Hari Pramuka 2009 juga diperingati dengan acara donor darah, bakti masyarakat di Jakarta Utara, bersih pantai dan laut di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, ziarah pahlawan, dan partisipasi dalam Sail Bunaken Manado.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009