Samarinda (ANTARA News) - Pengurus Besar Federasi Karate Indonesia (FORKI) menetapkan 21 karateka masuk tim nasional untuk SEA Games Laos Desember mendatang, setelah mereka diseleksi di Hotel Atlet Sempaja, Samarinda, Kaltim, 14 dan 15 Agustus ini.

Dari 40 karateka yang diseleksi, 21 diantaranya terpilih masuk Timnas dan akan menjalani latihan di pemusatan latihan nasional (Pelatnas) SEA Games di Samarinda, kata pelatih Timnas karete Muhammad Gusti, di Samarinda, Minggu.

Gusti belum tahu persis apakah ke depan bakal ada penambahan karateka dalam Timnas, pasalnya berdasarkan informasi terakhir yang diterima PB FORKI, Indonesia mendapat jatah 26 kelas pada SEA Games Laos.

"Sampai saat ini memang belum ada informasi yang pasti berapa kelas kuota untuk tim Indonesia di SEA Games, tapi informasi dari PB menyebutkan ada sekitar 26 kelas, baik itu nomor kata maupun komite," kata Gusti.

Ke-21 karateka yang terpilih itu akan langsung mengikuti Pelatnas di Samarinda, sedangkan lainnya dipulangkan ke daerah asalnya.

"Sebenarnya rencana awal kita akan memilih sekitar 37 orang, namun kemudian diputuskan yang ikut Pelatnas hanya mereka yang terpilih ini saja. Dan untuk atlet sisanya dipulangkan," ujarnya lagi.

Menurut Gusti, karateka yang terpilih ini akan diikutkan di beberapa kejuaraan Asia dan juga try out di eropa sebagai untuk menambah pengalaman dan jam terbang sebelum mereka berlaga menuju SEA Games Laos 2009.

"Setelah mengikuti try out di AMAG, Bangkok, Atlet ini akan kami bawa mengikuti kejuaraan AKF di Jerman bulan September dan di Guangzou Cina tanggal 24 Oktober. Tujuannya tentu saja supaya mereka lebih siap untuk meraih prestasi di Sea Games mendatang ," pungkasnya.

Berikut 21 kareteka yang lolos ke Pelatnas SEA Games Laos 2009:
  1. Umar Syarif  di kelas +80 kilogram
  2. Hendro Salim (-80 kg putra)
  3. Farael Mei Riski (-75 kg putra)
  4. Ismail Aswan (-70 kg putra)
  5. Jintar (+65 kg putri)
  6. Ayu (+60 kg putri)
  7. Ade Bagus (65 kg putra)
  8. Doni (60 kg putra)
  9. Yolanda (-60 kg putri)
  10. Puspita (+60 kg putri)
  11. Tantri (-60 kg putri)
  12. Yelovin (55 kg putra)
  13. Fitri (53 kg putri)
  14. Martinel (48 kg putri).
  15. Faisal (kata individual dan beregu putra)
  16. Flenty (kata individu putri)
  17. Azwar (kata beregu putra )
  18. Fidelis (kata beregu putra)
  19. Dewi (kata beregu putri)
  20. Yuli (kata beregu putri)
  21. Alit (kata beregu putri).

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009