Jakarta (ANTARA News) - Kecintaan dan rasa nasionalisme tenaga kerja wanita (TKW) bermasalah di penampungan KBRI Abu Dhabi ditunjukkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" pada peringatan HUT ke-64 RI di KBRI Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE).

Paduan suara beranggotakan 20 orang TKW tersebut menyanyikan lagu-lagu perjuangan seperti Hari Kemerdekaan, Padamu Negeri dan Tanah Airku dengan penuh percaya diri, demikian siaran pers Kedubes RI di Abu Dhabi, UAE, Senin.

Bahkan ketika Nelly, seorang TKW yang kabur karena ditipu agen tenaga kerja setempat menyanyikan lagu Tanah Airku, banyak peserta upacara yang menunduk dan menitikkan air mata.

Rasa nasionalisme yang tinggi juga ditunjukkan oleh para teknisi, juru masak dan pekerja Indonesia di Al Raha Hotel, Abu Dhabi. Secara mandiri, pada kesempatan yang sama mereka memperingati HUT ke-64 RI di tempat mereka bekerja, dengan menampilkan tarian Bali dan pemutaran film mengenai keanekaragaman Indonesia.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, KBRI Abu Dhabi meminjamkan atribut upacara yang diperlukan.

Sementara, anak-anak Indonesia di Abu Dhabi mempunyai cara sendiri dalam merayakan HUT RI tersebut. Dengan kostum baju nasional, mereka membawa bendera merah putih kecil sembari mengikuti kegiatan peringatan HUT ke-64 RI dan berbagai lomba selepas upacara.

Hampir semua koran utama UAE seperti Khaleej Times, Gulf News dan the National meliput langsung acara ini.

Duta Besar RI Abu Dhabi, M. Wahid Supriyadi di depan sekitar 200 WNI yang hadir menyampaikan ucapan terima kasih atas kinerja seluruh pihak dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan Pemilu 2009 yang berlangsung dengan lancar, aman, dan tertib.

Dubes Wahid menyatakan bahwa kepercayaan dunia internasional atas Indonesia masih positif dan hal tersebut menjadi modal dalam pembangunan nasional Indonesia.
Lebih lanjut ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia di UAE untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Perwakilan RI.

Diharapkan berbagai kegiatan yang dilakukan akan memberikan dampak yang membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional dan peningkatan citra positif Indonesia di mata dunia internasional.

Sebagai bentuk penghargaan KBRI atas sumbangan TKW di penampungan pada berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh KBRI, Dubes Wahid dan isteri memberikan potongan tumpeng pertama kepada TKW yang diwakili oleh Sekar Ningrum.

Rangkaian kegiatan memperingati HUT RI ke-64 di Abu Dhabi telah dimulai sebelum musim panas Mei 2009. Kesemarakan HUT RI di Abu Dhabi diisi dengan berbagai kegiatan lomba untuk masyarakat aantara lain balap karung, gerak jalan, tennis meja, tennis lapangan, badminton dan akan diakhiri dengan lomba bowling yang dijadwalkan setelah hari raya Idul Fitri.

KBRI Abu Dhabi juga menyelenggarakan berbagai lomba secara bagi para TKW di penampungan.

Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT RI, pada 19 Agustus 2009, Dubes Wahid akan berkunjung ke penjara di Al Wathba sebagai bentuk kepedulian dan keberpihakan Perwakilan RI terhadap kurang lebih 30 WNI yang saat ini masih dalam masa tahanan di penjara setempat.

Dalam kesempatan tersebut KBRI Abu Dhabi bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan akan menyerahkan buku-buku bacaan tentang Indonesia dan kebutuhan sehari-hari para TKI di penjara.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009