Beijing (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan melakukan kunjungan pertamanya ke China pada pertengahan November, kata duta besar AS untuk China, Jon Huntsman, seperti dilaporkan Xinhua.

"Banyak yang terjadi dalam hubungan AS-China dalam tahun ini. Presiden Obama akan berkunjung pada pertengahan November," kata dubes AS yang baru itu kepada para wartawan Sabtu petang.

Baik Beijing maupun Washington belum mengumumkan tanggal kunjungan Obama, meskipun kedua negara telah mengeluarkan pernyataan setelah presiden mereka melakukan pertemuan pertama di London pada April, bahwa Obama akan berkunjung ke China pada pertengahan kedua tahun ini.

Huntsman, yang berbicara dalam bahasa Inggris dan China di kediamannya di pusat kota Beijing, mencitrakan hubungan AS-China sebagai `yang terpenting di dunia.`

"Pada akhir tahun, kami hendaknya dalam kondisi terbaik dari sebelumnya, antara AS dan China," kata Republikan berumur 49 tahun itu, yang didampingi isteri dan tiga putrinya, yang juga tiba di Beijing Jumat malam.

Huntsman dipilih oleh Obama untuk menjabat sebagai duta besar untuk China pada Mei lalu, dan disetujui oleh Senat AS pada awal Agustus.

"Saya penuh harapan, percaya, bahwa hubungan AS-China akan semakin kuat dibanding sebelumnya," katanya.

Ia menegaskan kedua negara mengantisipasi potensi tantangan yang mungkin akan mereka hadapi, dalam membangun hubungan yang lebih baik ke depan.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009