Oak Bluffs, Massachusetts, (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama terbang memasuki lahan Vineyad, Martha, Ahad, dalam upaya beristirahat dari kesibukan pertemuan politik dalam liburan pertamanya sejak memangku jabatan.

Setelah tujuh bulan berjuang menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dasawarsa, sementara ketidaktentuan menyelimuti agenda ambisiusnya, Obama tiba di pulau East Coast itu bersama istrinya, Michelle, dan kedua putri mereka --Malia (11) dan Sasha (8), demikian dikutip dari AFP.

Saat menapati jejak kaki presiden terkenal John F. Kennedy dan Bill Clinton sewaktu berlibur di pulau tersebut, Obama berusaha selama satu pekan menjauhkan diri dari sorotan politik, kata sekretaris pers Gedung Putih Bill Burton.

Liburan panjang Obama, di rumah besar yang disebut Blur Heron Farm di kota kecil Chilmark, tertunda beberapa jam sebelum petugas ramalan cuaca mencabut peringatan badai tropis setelah Badai Bill menerjang Seaboard di bagian timur negeri itu.

Burton juga menyampaikan permintaan khusus dari Obama kepada wartawan dan juru kamera agar menghormati privasi kedua putrinya, yang sedang berlibur, ketika mereka bepergian ke luar tanpa kedua orang-tua mereka.

Ia juga mengatakan saat ini tak ada rencana bagi Presiden AS tersebut untuk pergi ke kompleks Kennedy di Port Hyannis, yang berdekatan, tempat Senator Edward Kennedy saat berjuang menghadapi kanker otak.

Burton juga menepis desas-desus lain bahwa Obama, yang telah bermain golf dengan gembira sejak terpilih sebagai presiden, dapat bersaing dengan Tiger Wood di pulau tersebut, tempat favorit bagi para aristokrat politik dan bintang Hollywood.

Obama menghadapi serangkaian masalah politik mendesak selain masalah perawatan kesehatan, termasuk defisit anggaran yang membengkak, kematian tentara yang meningkat dan ketidak-stabilan yang merebak di Afghanistan, serta tantangan nuklir Iran.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009