Surabaya (ANTARA News) - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur menunggu kehadiran Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia November mendatang.

"Kalau beliau ke Singapura, lalu beliau juga ke Indonesia, tentu bagus, karena sesuai dengan keinginan beliau sendiri untuk mendekatkan Barat dengan dunia Islam," kata Wakil Ketua PWM Jatim Prof Zainuri kepada ANTARA di Surabaya, Minggu.

Menurut Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo itu, Indonesia adalah representasi Islam karena berpenduduk muslim terbesar di dunia sehingga kunjungan Obama ke Indonesia akan bagus untuk AS, dunia Islam, dan dunia Barat sendiri.

"Selama ini, dunia Barat dan dunia Islam terkesan ada konflik, karena hal itu memang tidak ada jembatan dan kunjungan Obama akan menjadi jembatan, apalagi Obama pernah tinggal di Indonesia dan tentu tahu tentang Islam," katanya.

Dalam Pesan Ramadhan 1430 H, Obama sendiri berkomitmen untuk melibatkan dunia muslim dan negara berpenduduk mayoritas Islam untuk membangun dunia yang lebih damai dan permulaan baru antara Amerika dengan Muslim.

Senada dengan itu, Wakil Ketua PW NU Jawa Timur H. Sholeh Hayat menilai bila Obama benar-benar datang ke Indonesia November mendatang tentu akan lebih mendekatkan AS dan dunia Barat sendiri kepada dunia Islam.

"Kami sendiri di Jatim sudah sangat dekat dengan jajaran Konsulat Jenderal AS yang berkedudukan di Surabaya, karena itu semuanya akan lebih bagus lagi bila Obama benar-benar datang ke Indonesia," katanya. (*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009