Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Republik Indonesia, sebagai sesama negara demokrasi, menyambut baik proses pemilihan umum di Jepang yang berlangsung aman dan demokratis sebagaimana pemilu-pemilu sebelumnya.

Departemen Luar Negeri di Jakarta, Selasa, menyatakan, Indonesia menghormati pilihan rakyat Jepang melalui pemilihan umum tersebut, dan oleh karenanya mengucapkan selamat atas kemenangan Partai Demokratik Jepang pimpinan Yukio Hatoyama, dengan perolehan suara 64 persen di Majelis Rendah.

Jepang adalah mitra strategis Indonesia, dan Indonesia bertekad untuk meningkatkan hubungan bilateral yang baik yang telah terbina selama ini.

Partai Demokratik Jepang (DPJ) yang berhaluan kiri tengah meraih 308 kursi dalam majelis rendah yang beranggotakan 480 orang, Minggu, mengakhiri lebih dari setengah abad kekuasaan hampir tidak putus oleh Partai Demokratik Liberal (LDP) yang konservatif.

Survei-survei sebelumnya telah menunjukkan bahwa DPJ pada jalur yang pas untuk mencapai kemenangan atas LDP, yang telah berkuasa di negara itu sejak partai tersebut didirikan pada 1955, kecuali pada kurun 10 bulan.

Tokoh DPJ Yukio Hatoyama telah menjanjikan akan memusatkan perhatian pada pengeluaran rumah-tangga, mengurangi pemborosan dan pengawasan ketat terhadap kebijakan dari tangan para birokrat.

Tapi mereka berjanji untuk tidak meningkatkan pajak penjualan lima persen sampai empat tahun ke depan, karena hal itu dianggap meningkatkan kekhawatiran terhadap inflasi dan tingginya utang masyarakat.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009