E-Sport

Turnamen MPL kembali meraihkan ranah esports Indonesia

Turnamen MPL kembali meraihkan ranah esports Indonesia

Dokumentasi - Tim EVOS Esports berpose di atas panggung utama usai menundukkan tim RRQ Esports 3-1 untuk menjuarai Mobile Legends Professional League (MPL) Season 4 di Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (27/10/2019). ANTARA/Shofi Ayudiana/aa.

Jakarta (ANTARA) - Turnamen bergengsi Mobile Legends Professional League (MPL) yang telah melahirkan tim-tim terbaik bakal kembali hadir di Indonesia lewat MPL Indonesia Season 6.

Berdasarkan keterangan resmi dari penyelenggara yang diterima di Jakarta, Rabu, sejumlah tim dari empat negara peserta; Indonesia, Malaysia, Singapura dan Myanmar, bakal bertanding terlebih dahulu di ajang pemanasan, MPL Invitational 4 Nation Cup yang dimulai 16 Juni.

Turnamen tersebut akan dibagi menjadi tiga tahapan, dua kali babak kualifikasi serta playoff. Di babak kualifikasi ada 12 tim yang dibagi ke dalam tiga grup.

Sedangkan di babak playoff, delapan tim bakal memperebutkan predikat juara, termasuk RRQ dan EVOS yang langsung lolos ke playoff sebagai juara dan runner-up MPL Indonesia Season 5.

Baca juga: MPL tambah daftar game arcade dengan gandeng tiga pengembang lokal

Baca juga: Atlet Esports Indonesia resmi gabung tim Petronas Yamaha SRT


Sesuai dengan rencana, babak kualifikasi bakal dimulai 16-28 Juni. Sementara playoff akan digelar tiga hari berturut-turut mulai 3 Juli.

Turnamen akan berlangsung ketat lantaran setiap tim bukan hanya memperebutkan total hadiah lebih dari Rp 1 miliar, tetapi juga berusaha maksimal mengharumkan bendera masing-masing.

“Juara MPL Indonesia bakal bertemu dengan juara Malaysia/Singapura. Bisa juga bakal terulang pertandingan el clasico di final nanti. Banyak sekali kemungkinannya di turnamen ini. Tapi intinya, kami bukan cuma mau menampilkan hiburan semata, tapi juga menumbuhkan nasionalisme di jiwa-jiwa pemuda Indonesia,” kata Komisaris MPL Indonesia Lucas Mao.

MPL Indonesia kerap melahirkan influencer yang menjadi pusat perhatian dan juga tim-tim bermental juara yang telah terbukti di ajang internasional Mobile Legends seperti tim EVOS dan RRQ yang telah diakui dunia.

Kedua tim tersebut merupakan perwakilan Indonesia yang berhasil melaju ke grand final M1 World Championship tahun lalu setelah mengalahkan tim dari Malaysia, Singapura, Filipina, Myanmar, Brazil, Kamboja, Jepang, Thailand, Laos, Rusia, Turki, Vietnam, dan Amerika Serikat. Kini kedua tim bakal kembali beradu gengsi di MPL Invitational 4 Nation Cup.

Baca juga: Balap esports paling ambisius, 24 Hours Le Mans Virtual digelar Juni

Baca juga: Pemirsa esports melonjak sejak pandemi buat orang tak bisa ke stadion

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PB Esports resmi dibentuk

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar