Saham Australia ditutup naik, saham Qantar melonjak di atas 7 persen

Saham Australia ditutup naik, saham Qantar melonjak di atas 7 persen

Ilustrasi - Saham maskapai nasional Qantas meningkat. ANTARA/REUTERS/Daniel Munoz.

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia berakhir sedikit lebih tinggi pada perdagangan Kamis, setelah dibuka melonjak dengan semua sektor cenderung meningkat mengikuti jejak kuat dari pasar luar negeri.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 50,20 poin atau 0,84 persen menjadi 5.991,80 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 47,10 poin atau 0,78 persen pada 6.112,00 poin.

Meskipun dibuka dengan keuntungan di semua sektor, pasar saham Australia melemah sepanjang hari karena saham-saham sumber daya berbalik dan mulai membebani pasar secara luas.

Baca juga: Saham Australia dibuka menguat tajam, ikuti jejak kuat bursa global

Namun bank dan layanan kesehatan tetap meningkat kuat dan lebih dari cukup untuk menjaga pasar saham Australia di wilayah positif pada akhir hari.

Sementara itu saham maskapai nasional Qantas melonjak lebih dari tujuh persen setelah maskapai mengumumkan akan meningkatkan kembali kapasitas domestiknya sambil menunggu pembukaan kembali perbatasan negara.

Di sektor keuangan, saham bank-bank besar Australia reli dengan Commonwealth Bank naik 2,35 persen, ANZ naik 1,53 persen, National Australia Bank naik 1,18 persen dan Westpac Bank naik 1,28 persen.

Baca juga: IHSG ditutup jatuh 24,3 poin, dipicu perpanjangan PSBB Jakarta

Saham-saham pertambangan beragam dengan Rio Tinto naik 1,01 persen, BHP turun 0,08 persen, Fortescue Metal turun 0,41 persen dan penambang emas Newcrest turun 3,20 persen.

Saham produsen-produsen minyak dan gas merosot dengan Oil Search turun 3,32 persen, Santos turun 1,57 persen dan Woodside Petroleum turun 1,47 persen.

Supermarket terbesar Australia melonjak dengan Coles naik 2,18 persen dan Woolworths naik 1,44 persen.

Sementara saham raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,62 persen, operator penerbangan nasional Qantas melonjak 7,16 persen dan perusahaan biomedis CSL meningkat 3,77 persen.

Baca juga: Harga minyak naik lagi, ditopang turunnya persediaan minyak mentah AS





 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penutupan perdagangan, ini capaian BEI sepanjang 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar