Anies: Empat prinsip harus dipegang teguh selama PSBB transisi

Anies: Empat prinsip harus dipegang teguh selama PSBB transisi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria memberikan pesan bagi ASN di DKI Jakarta terkait realokasi anggaran untuk penanganan COVID-19, Jumat (29/5/2020). ANTARA/Tangkapan layar youtube Penprov DKI Jakarta/pri.

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan ada empat prinsip harus dipegang dan diingat oleh semua pihak sebagai kunci keberhasilan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pada Juni 2020.

"Ada empat prinsip yang harus dipegang dan diingat dalam kegiatan apapun selama masa transisi ini, maka InsyaAllah kita bisa lebih jauh lagi mengendalikan penyebaran COVID-19 ini," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Pertama, hanya yang sehat yang boleh keluar rumah, yang tidak sehat tetap di rumah. Kedua, gunakan masker selalu dipakai dalam kegiatan di luar rumah.

Ketiga, selalu menjaga jarak dalam kegiatan apapun dan interaksi apapun dengan jarak minimal satu meter.

Keempat, masyarakat diminta melihat kondisi lapangan bila sudah melebihi separuh kapasitas maka jangan masuk karena hanya diberi izin untuk 50 persen saja kapasitas yang dimiliki.

"Karena itu, saat ini adalah masa-masa transisi. Lebih baik dan utama tetap berada di rumah karena memang dalam kondisi belum semua selesai. Bila memang harus ingin ke luar maka taati prinsip protokol kesehatan," kata Anies.

Anies mengatakan, perlunya sifat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan,demi menghindarkan potensi penularan COVID-19.

"Bila nantinya kasus meningkat, maka gugus tugas tidak akan segan untuk menghentikan proses transisi ini dan mengembalikan PSBB itu ke awal," kata Anies.
Baca juga: Laksanakan Shalat Jumat pertama, Anies sebut ada kerinduan bersujud
Baca juga: Masjid Al Riyadh Kwitang terapkan protokol kesehatan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Positif 15.173 kasus, Dinkes DKI instruksikan pencarian kasus aktif

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar