Semarang (ANTARA News) - Dua perenang putri Jawa Barat, Yesi Yosaputra dan Raima Saumi, hampir pasti lolos ke SEA Games XXV Laos Desember mendatang karena sampai saat ini keduanya menempati ranking tertinggi Pelatnas.

"Saya kira dua perenang putri ini untuk sementara masuk tim inti SEA Games Indonesia karena catatan waktunya menempati ranking teratas dibandingkan perenang lainnya," kata pelatih renang Pelatnas Program Atlet Andalan, Hartadi Nurjojo di Semarang, Minggu.

Hartadi yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov PRSI Jawa Tengah itu mengatakan, Yesi Yosaputra bakal turun pada nomor 200 meter gaya punggung, sedangkan rekannya Raima Saumi akan turun pada nomor spesialisnya 200 meter gaya kupu-kupu.

Dengan demikian, perenang yang sudah memastikan menjadi wakil Indonesia di Laos mendatang sudah empat orang, selain dua perenang putri juga dua perenang putra yaitu Glenn Victor (Jabar) dan Indra Gunawan (Sumatera Utara).

Menyinggung empat perenang (Glenn Victor, Priadi Fauzi, Nicko Biondi, dan Guntur Pratama Putara) yang bakal berlatih ke Australia masuk tim inti SEA Games, apakah sudah pasti masuk tim inti, dia mengatakan, yang sudah pasti adalah Glenn Victor sedangkan tiga lainnya belum dan masih menunggu hasil kejuaraan Indonesia Open di Jakarta, 23-24 Oktober 2009.

Ia menjelaskan, kalau mereka tidak bisa kembali ke Indonesia saat kejuaraan renang Indonesia Open tersebut maka catatan waktu terbaik yang mereka capai selama setahun ini akan menjadi pertimbangan dari tim pelatih.

Keempat perenang tersebut dijadwalkan berlatih ke Australia untuk mempertajam catatan waktu untuk nomor 4X100 meter gaya ganti. Glenn Victor di nomor gaya punggung, Priadi Fauzi (gaya bebas), Guntur Pratama Putra (gaya kupu), dan Nicko Biondi (gaya dada).

Ia menambahkan, cabang renang mendapat kuota 18 atlet dari KONI Pusat untuk tampil pada SEA Games di Laos mendatang dan dari jumlah tersebut empat kuota sudah terisi sehingga masih menyisakan 12 tempat lagi.

Ia menyebutkan, ke-12 perenang tersebut akan ditentukan usai Indonesia Open di Jakarta mendatang. "Catatan waktu terbaik yang dicapai mereka selama setahun akan menjadi tolok ukur masuknya yang bersangkutan ke tim inti Indonesia," katanya.

Ia menambahkan, untuk cabang olahraga renang hanya dua nomor yang diperkirakan mampu meraih medali emas pada SEA Games di Laos mendatang, yaitu 100 meter gaya punggung atas nama Glenn Victor dan 4x100 meter gaya ganti putra.

Ketika ditanya pesaing Indonesia untuk momor 4X100 meter gaya ganti pada SEA Games mendatang, dia mengatakan, saingan utama adalah tim dari Singapura dan Filipina.

"Pada SEA Games XXIV Thailand 2007, peraih medali emas untuk nomor ini adalah Filipina," kata Hartadi Nurjojo.

Kemudian pesaing untuk nomor 100 meter gaya punggung, menurut dia, adalah perenang Singapura, hanya saja nama atletnya berbeda saat meraih medali emas di SEA Games 2007 Thailand.

"Kalau pesaing Glenn Victor pada SEA Games di Laos adalah Reiner Eng, sedangkan peraih emas di Thailand adalah Seik Eng," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009