Praha (ANTARA News/AFP) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menelpon Perdana Menteri Cheska Jan Fischer, Rabu malam, untuk membicarakan perisai rudal yang akan ditempatkan di Polandia dan Republik Cheska, kata juru bicara Fischer, Kamis.

Pada malam yang sama surat kabar the Wall Street Journal mengatakan Amerika Serikat berencana akan menangguhkan rencana sistem pertahanan rudal, satu tindakan "yang mungkin menggembirakan Moskow dan mengeruhkan perdebatan keamanan di Eropa."

"Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa Barack Obama menelpon Fischer mengenai masalah itu. Fischer kemudian menyampaikan informasi itu kepada Presiden (Vaclav Klaus)," kata Roman Prorok kepada AFP.

Ia menambahkan Ellen Tauscher, wakil menlu AS urusan pengawasan senjata dan keamanan internasional, menurut rencana akan tiba di Praha, Kamis petang waktu setempat.

"Kami akan memberikan informasi yang lebih terinci pada hari itu, tetapi hanya setelah Nyonya Tautscher tiba," tambah Prorok.

Mengutip pejabat AS sekarang dan mantan pejabat, Wall Street Journal mengatakan "AS akan mendasarkan keputusan itu pada satu penentuan bahwa program rudal jarak jauh Iran tidak mengalami kemajuan secepat yang diduga sebelumnya, yang mengurangi ancaman pada AS dan ibukota-ibukota penting Eropa."

Bekas pemerintah Presiden George W.Bush mengusulkan sistem itu untuk menghadapi ancaman dari Iran yang mengembangkan sebuah senjata nuklir yang dapat membawa rudal-rudal mutakhir yang dianggapnya sebagai satu ancaman terhadap keamanannya sendiri.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009