Bengkulu (ANTARA News) - Kegiatan takbiran keliling di Bengkulu, Sabtu malam diguyur hujan yang cukup deras sehingga dialihkan ke masjid.

Berdasarkan pemantauan di beberapa masjid yang tersebar di beberapan kelurahan, seperti Kelurahan Lingkar Timur, Panorama Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu masyarakat mulai memadati tempat ibadah setempat untuk berkoordinasi melaksanakan takbiran akibat hujan lebat.

Hamid, salah seorang panitia takbiran keliling di Masjid Nurul Iman di Kelurahan Lingkar Timur mengatakan, hujan yang mengguyur Kota Bengkulu mengakibatkan takbiran keliling dialihkan ke masjid-masjid.

"Rencananya pada Sabtu malam takbiran dilaksanakan di masing-masing kelurahan yang tersebar di Kecamatan Gading Cempaka untuk merayakan hari kemenangan setelah selama sebulan berpuasa," katanya.

Beberapa warga yang melaksanakan takling menggunakan kendaran bermotor roda empat dan dua dipastikan batal melakukan hal tersebut dan mengalihkan ke masjid menggunakan pengeras suara yang telah disiapkan panitia.

Takbiran tersebut dengan mengelilingi jalan-jalan raya seperti Padang Harapan, Suprapto, Kampung Cina dan pusat perbelanjaan yang tersebar di Kota Bengkulu.

"Kami akan melaksanakan takbiran keliling pada Sabtu malam karena cuaca tidak mendukung maka dialihkan ke masjid dan bersama-sama masyarakat setempat melaksanakannya," kata Berli, salah seorang panitia takbiran keliling.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Agusrin Maryono Najamuddin akan melaksanakan takbiran keliling bersama-sama masyarakat dan pejabat di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Ia mengatakan, pada malam takbiran Pemprov Bengkulu berencana akan memeriahkan kemenangan bagi umat Muslim yang telah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan.

"Pelaksanaannya dimulai di halaman rumah dinas Gubernur yakni, Balai Semarak bersama-sama dengan panitia Takbiran keliling Kota Bengkulu," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009