Toronto (ANTARA News/Reuters) - "Precious: yang didasarkan atas kisah novel oleh Sapphire" meraih penghargaan tertinggi di Festival Film Internasional Toronto, Sabtu, yang memberikan film produksi Oprah Winfrey itu kesempatan lebih awal menuju musim penghargaan Oscar.

Film yang berkisah tentang penyiksaan dan penyelamatan seorang gadis remaja di Harlem itu merebut penghargaan pilihan penonton yang memberikan suara di festival tersebut.

Tahun lalu "Slumdog Millionaire", film peraih Oscar dalam kategori gambar terbaik, meraih penghargaan pilihan penonton dalam festival tersebut.

Para pengeritik memuji "Precious" sejak debutnya dalam Festival Film Sundance Januari dan para penonton di Toronto dengan hangat menyambut film yang disutradarai Lee Daniels dan akan mulai diputar di bioskop November.

Daniels tak hadir pada acara resepsi penyerahan penghargaan di Toronto karena sedang berada di Spanyol dan hanya memberikan pernyataan tertulis tentang pembuatan film itu.

Selain "Slumdog Millionaire", peraih lainnya ialah film "American Beauty" dan "Chariots of Fire".

Festival itu, yang rampung Sabtu malam dengan penayangan "The Young Victoria", film tentang tahun-tahun pertama ratu Inggris, tak banyak menghasilkan kontrak distribusi karena industri film independen masih lesu dalam dua tahun ke depan.

Lebih sepertiga dari 330 film yang disertakan dalam festival itu minim kontrak.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009