Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia berakhir lebih tinggi pada perdagangan Jumat, meskipun terjadi penurunan pada sore hari yang membuat pasar sempat berayun ke wilayah negatif.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik tipis 6,10 poin atau 0,10 persen menjadi 5.942,60 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 15 poin atau 0,25 persen pada 6.066,90 poin.

Pasar cenderung sekitar satu persen lebih tinggi pada jam makan siang, sebelum saham-saham bank dan penambang kehabisan tenaga, menyeret pasar sebentar ke wilayah negatif.

Tiga dari empat bank besar negara itu cenderung lebih rendah dalam perdagangan sore, sementara saham-saham penambang juga semakin tertekan.

Sebagian besar sektor lainnya terus membaik sepanjang hari dengan consumer discretionaries dan teknologi paling meningkat.

Di bidang keuangan, bank-bank besar Australia sebagian besar lebih rendah dengan Commonwealth Bank turun 0,48 persen, National Australia Bank turun 0,59 persen dan ANZ turun 1,73 persen, namun Westpac Bank naik 0,44 persen.

Saham-saham pertambangan juga sebagian besar lebih rendah dengan BHP turun 1,91 persen, Fortescue Metals turun 1,50 persen dan Rio Tinto turun 1,36 persen, namun penambang emas Newcrest naik 0,17 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas bervariasi dengan Oil Search tidak berubah, Santos naik 0,18 persen dan Woodside Petroleum naik 0,60 persen.

Supermarket terbesar Australia beragam dengan Coles naik 1,40 persen dan Woolworths turun 0,08 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai penerbangan nasional Qantas memantul 0,46 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 0,83 persen.

Baca juga: Bursa saham Australia ditutup lebih rendah dengan kerugian meluas
Baca juga: Pasar saham Australia dibuka melonjak dengan semua sektor terangkat
Baca juga: Saham Australia dibuka melemah terseret sektor perbankan dan penambang

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020