Magelang (ANTARA News) - Sejumlah penyair dunia berencana membacakan karya-karya mereka di kompleks Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dalam event "Global Voices in Borobudur", pada 13 Oktober 2009.

"Akan tampil para penulis dari sejumlah negara, termasuk Indonesia untuk membacakan karya-karya mereka di candi Buddha terbesar dunia itu," kata Ketua Panitia "Global Voices in Borobudur", Dorothea Rosa Herliany di Magelang, Minggu.

Event itu sebagai bagian dari kegiatan "Ubud Writers and Readers Festival" (UWRF) yang berlangsung di Ubud, Bali, yang digelar sejak 7 Oktober 2009.

Ia mengatakan, para penyair dunia yang akan tampil di pelataran Hotel Manohara dalam Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) dengan latar belakang kemegahan candi itu adalah Fatima Bhutto, Michelle Cahill, Tom Cho, Andrew Mc Millan, Sophie Hackford, Lacuesta, dan Antony Loewensteins.

Selain itu, hadir pula penyair Indonesia asal Magelang, Omar Musa, Dyah Merta, Gunawan Maryanto, Sosiawan Leak, Triyanto Triwikromo, dan Ugoran Prasad.

"Di Borobudur itu akan menjadi rangkaian penutup UWRF, berupa malam pembacaan karya sastra, untuk membangun solidaritas para penyair," katanya.

Sementara Kepala Unit TWCB Pujo Suwarno menyebut kegiatan itu sebagai respons positif dari seniman dunia terhadap upaya wisata malam Candi Borobudur. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009