Bogor (ANTARA News) - Ketua Umum PPP Suryadharma Ali diproyeksikan akan menjabat posisi Menteri Agama pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid II periode 2009 - 2014, bergeser dari jabatan sebelumnya sebagai Meneg Koperasi dan UKM.

Juru bicara Presiden Andi Malarangeng yang ditemui usai pemanggilan sejumlah calon menteri di kediaman pribadi Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono Puri Cikeas Bogor, Sabtu malam mengatakan bahwa pak SDA, panggilan Suryadharma diarahkan presiden untuk menjadi Menteri Agama.

"Pak SDA diproyeksikan menjadi Menag," kata Andi.

Sebelumnya, usai menjalani uji kelayakan oleh Presiden Yudhoyono dan wapres terpilih Boediono, SDA hanya mengatakan kepada wartawan bahwa dirinya diberi tugas yang berkaitan dengan peningkatan kualitas kehidupan bangsa dan negara.

SDA tidak bersedia menyebutkan secara jelas posisi apa yang akan ia duduki pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua, sehingga wartawan yang penasaran akhirnya mendesak Andi Malarangeng untuk menjelaskan posisi yang akan disandang SDA.

Sebelumnya, karena penjelasan SDA sangat umum, wartawan menebak bahwa Ketua Umum PPP itu akan menduduki posisi Mensos yang pada KIB I diduduki juga oleh orang PPP yaitu Bachtiar Chamzah. Sementara posisi Menteri Agama disebut-sebut dipegang oleh Salim Assegaf Al Jufri, Dubes Indonesia di Arab Saudi yang juga telah dipanggil Yudhoyono.

Andi sendiri tidak mau menjelaskan posisi yang akan dijabat Salim Assegaf, namun dengan pernyataan Salim yang mengatakan dirinya diminta membantu menyukseskan Millenium Development Goal, diperkirakan Salim akan menjabat Menteri Sosial.

Sabtu ini sejak pukul 10:00 WIB hingga 20:30 WIB, presiden telah memanggil 16 orang calon menteri KIB II, sementara sisanya 18 orang akan dipanggil Minggu (18/10) besok sejak pukul 10:00 WIB.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009