Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan memperkirakan inflasi selama Oktober di bawah satu persen karena harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat mulai turun kembali seperti sebelum Lebaran.

"Oktober inflasi pasti di bawah satu persen karena harga setelah lebaran nyaman saja, di bawah September lah," katanya usai menghadiri Pelantikan Presiden RI Periode 2009-2014 di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Dengan demikian, angka inflasi tahun 2009 ini akan berkisar antara empat persen. "Tahun ini sih 4 persen masih toleran lah, inflasi sekitar 4 persen masih bisa dicapai, ya ada keyakinan lah itu bisa," ujarnya.

Sedangkan untuk tahun depan, Rusman memperkirakan pemulihan ekonomi akan mendorong tingginya angka inflasi 2010.

"Tahun depan, kekhawatiran kita kan economic recovery artinya ada demand tinggi, jadi ada kecenderungan harga juga kan akan naik, sekarang saja harga minyak sudah mulai naik lagi di atas 70 dolar AS per barel, pada 2010 potensi inflasi juga tinggi," jelasnya.

Rusman menambahkan permintaan yang tinggi akan mendorong kenaikan harga sementara kegiatan produksi belum pulih.

"Antisipasinya ya harus meningkatkan suplai dari barang-barang kebutuhan pokok untuk menurunkan tekanan itu," tuturnya. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009