Jakarta (ANTARA News) - Siapapun tahu bahwa Andi Mallarangeng adalah pengurus Partai Demokrat dan Adhyaksa Dault adalah anggota Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun saat serah terima jabatan Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga (Menegpora) dari Adhyaksa kepada Andi di Kantor Menegpora Jakarta, Kamis, Adhyaksa mengatakan bahwa mereka berdua adalah "PKS".

Tentu saja ucapan Adhyaksa tersebut menimbulkan tanda tanya. Apakah Andi Mallarangeng telah pindah partai?

Namun sebelum timbul pertanyaan lebih lanjut, Adhyaksa yang memang senang mengeluarkan lelucon itu mengatakan, "PKS adalah Partai Kumis Sejahtera."

Tak pelak, ucapan Adhyaksa tersebut disambut gelak tawa hadirin dan juga Andi Mallarangeng. Kedua pria tersebut memang mempunyai kumis yang cukup lebat yang menjadi ciri khas keduanya. Bahkan jika dilihat selintas, muka keduanya mempunyai kemiripan.

Tidak hanya masalah kumis yang sama, Adhyaksa juga mengatakan bahwa mereka berdua adalah sama-sama berasal dari Sulawesi dan mempunyai istri yang berasal dari Jawa Tengah.

Tidak mau kalah dengan Adhyaksa, Andi Mallarangeng saat memberikan sambutan mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memintanya menjadi Menegpora, mungkin salah satunya karena kumisnya hanya beda tipis. "Mungkin dipilih yang agak beda tipis kumisnya," kata Andi.

Andi yang sebelumnya adalah Juru Bicara Kepresidenan juga menceritakan hal yang berbeda saat ia berhadapan dengan wartawan istana dan wartawan olahraga. "Waktu masih di Istana, tiap pagi, sejak bangun pagi, sudah dihubungi wartawan untuk menanyakan masalah politik dan lainnya," katanya.

"Tapi pagi tadi sudah ditelepon wartawan. Tapi pertanyaannya adalah masalah olah raga," kata pria yang selalu tersenyum tersebut.

Andi Mallarangeng dilantik menjadi Menegpora oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kamis siang. Sore harinya langsung dilakukan serah terima jabatan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009