Jakarta (ANTARA) - Seekor harimau betina Siberia menyerang dan menewaskan petugas kebun binatang berusia 55 tahun di kebun binatang Zurich, Swiss, Sabtu (4/7).

Tim penyelamat gagal menyelamat petugas perempuan yang meninggal di tempat. Seorang pengunjung kebun binatang melaporkan serangan tersebut dan staf kebun binatang memancing harimau berusia lima tahun bernama Irina agar menjauh dari korban dan masuk ke dalam kandang, kata polisi dan kebun binatang.

Penyelidikan masih berlangsung, seperti dikutip dari Reuters.

Kandang harimau di Zurich juga diisi harimau jantan berusia empat tahun bernama Sayan, seperti dikutip dari situs resmi kebun binatang.

Baca juga: Nadia, harimau di AS pengidap virus corona kini membaik

Baca juga: Harimau sumatera Bonita dan Atan Bintang dilepasliarkan di Riau


Irina, yang masih hidup setelah kejadian itu, didatangkan dari kebun binatang di Odense, Denmark, setahun lalu dan menggantikan betina yang mati akibat komplikasi setelah berkelahi dengan Sayan.

"Ini adalah binatang muda yang sejauh ini berperilaku seperti harimau di habitatnya," kata Direktur kebun binatang Severin Dressen kepada wartawan, menambahkan belum diketahui mengapa harimau dan penjaga kebun binatang berada di kandang pada waktu yang bersamaan.

Saksi mata kejadian serta staf kebun binatang mendapatkan konseling pascakejadian tersebut.

Kebun binatang Zurich dibuka lagi sebulan lalu setelah ditutup selama pandemi virus corona.

Baca juga: Kebun binatang ditutup, panda raksasa di Moskow kangen manusia

Baca juga: Nama berbau corona diusulkan untuk penghuni baru kebun binatang

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020