Jakarta (ANTARA) - Alaves pada Senin dini hari WIB mengumumkan pemecatan Asier Garitano dari kursi pelatih kepala setelah klub Liga Spanyol itu menelan lima kekalahan beruntun.

Di laga terakhir didampingi Garitano, Alaves menelan kekalahan 0-1 dalam lawatan ke markas Valladolid di Stadion Jose Zorrilla pada Sabtu (4/7) waktu setempat.

Hasil itu jadi kekalahan keenam Alaves dalam tujuh pertandingan semenjak kompetisi dilanjutkan di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Valladolid atasi Alaves berkat gol menit-menit akhir

"Berdasarkan hasil pertandingan-pertandingan belakangan ini, Alaves memutuskan untuk memecat pelatih kepala Asier Garitano beserta jajarannya," demikian pernyataan laman resmi Alaves.

"Kami berterima kasih atas pekerjaan dan dedikasi Garitano beserta jajarannya terhadap klub selama ini serta mendoakan yang terbaik untuk karier mereka di masa mendatang," tulis pernyataan yang sama.

Alaves belum mengumumkan siapa pengganti Garitano, mengingat klub yang kini menempati urutan kelima dengan 35 poin dan masih dibayangi ancaman degradasi itu bakal menghadapi pemuncak klasemen sementara Real Madrid di Stadion Alfredo di Stefano pada Jumat (10/7) waktu setempat.

Baca juga: Valencia pecat Albert Celades
Baca juga: Kembali telan kekalahan, Real Betis resmi pecat pelatih Rubi


Liga Spanyol musim ini cukup banyak diwarnai pemecatan pelatih kepala, bahkan semenjak kompetisi dilanjutkan di tengah pandemi COVID-19 saja sudah ada empat pelatih yang dipecat termasuk Garitano.

Garitano menduduki jabatan pelatih kepala Alaves sejak 21 Mei 2019, sehari setelah Abelardo Fernandez mengundurkan diri.

Selama tenor kepelatihannya, Garitano hanya berhasil mempersembahkan sembilan kemenangan dan delapan hasil imbang dari 35 pertandingan mendampingi Alaves.

Baca juga: Espanyol di ambang degradasi setelah dipecundangi Leganes
Baca juga: Ramos tegaskan jika Real Madrid juara bukan karena bantuan wasit

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020