Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan penghargaan "Megawati Soekarnoputri Award" kepada 10 pemuda berprestasi pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-81 di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta, Rabu.

Ketua Panitia "Megawati Soekarnoputri Award" Sukur Nababan di Jakarta, Rabu, mengatakan, penghargaan itu diberikan kepada pemuda yang mengukir prestasi.

"Dipilihnya 10 nama yang mendapat penghargaan itu merupakan hasil seleksi dari puluhan nama pemuda berdasarkan prestasinya," kata Sukur.

Para pemuda yang menerima penghargaan tersebut, antara lain Mira Lesmana (sineas), Trie Utami (penyanyi), Nugie (musisi), Ade Rai (atlet binaraga), Chalid Muhammad (aktivis lingkungan), Sutta Dharmasaputra (jurnalis), Angelique Wijaya (petenis), dan Tina Talisa, dr Hendri Saparini, dan Anis Baswedan (intelektual).

Acara tersebut juga diisi dengan orasi sumpah pemuda dari para pemuda terpilih secara bergantian.

Tina Talisa, dalam orasinya, mengajak para pemuda untuk terus semangat dan berkarya sesuaingan bidangnya masing-masing.

Dikatakannya, pemuda saat ini sudah banyak fasilitas seperti teknologi informasi sehingga tantangannya tidak seberat pemuda pada era sumpah pemuda.

Namun pemuda saat itu, kata dia, memilikki semangat tinggi dan turut berkontribusi pada kemerdekaan Repulik Indonesia tahun 1945.

"Pemuda saat ini harus semangat dan berbuat sesuatu untuk kemajuan bangsa dan negara," kata Tina

Acara "Megawati Soekarnoputri Award" itu dihadiri sejumlah pengurus DPP PDI Perjuangan. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009