Jakarta (ANTARA) - Jajan sembari berjalan-jalan ke kawasan Bogor apalagi tanpa harus menguras kocek terlalu dalam bisa menjadi pilihan Anda membunuh bosan pada masa normal baru saat ini.

Ada berbagai jajanan pinggir jalan di bawah harga Rp20 ribu per porsinya dan bisa memuaskan lapar sekaligus dahaga Anda.

Jika Anda warga Jakarta, Depok, Bekasi yang bisa menjangkau moda transportasi KRL, Anda hanya tinggal berjalan kaki paling jauh maksimal sekitar 2,5 km menuju lima lokasi penjaja kuliner rekomendasi warga lokal berikut ini:

1. Mi ayam Gang Ambi

Lokasi penjual mi ayam "Gang Ambi" ini terletak di Jalan Merdeka, Bogor, gang Ambi. Jika Anda berjalan kaki dari stasiun, Anda bisa mengambil rute melalui Jembatan Merah lalu belok ke Jalan Merdeka.

Posisi gerobak penjual mi ayam ada di sebelah kanan jalan dari arah stasiun, di sebelah toko Sagala. Harga semangkuk mi ayam dimulai dari Rp11 ribu, Rp12 ribu jika ditambah pangsit basah dan Rp14 ribu jika ditambah juga baso.

Mi ayam "Gang Ambi" buka setiap hari kecuali Jumat, sejak pukul 10.00 WIB hingga sekitar pukul 19.00 WIB.
 
Mi Ayam Gang Ambi. (ANTARA/Lia Wanadriani)


2. Bakso seberang Meita

Gerobak bakso ini berada di seberang toko Meita yang letaknya hanya beberapa meter dari gerobak mi ayam Gang Ambi. Anda cukup merogoh kocek sekitar Rp12 ribu untuk satu porsi baso lengkap dengan tetelan sapinya. Tak seperti Mi ayam Gang Ambi, pedagang bakso ini belum tentu setiap hari buka jadi keberuntungan Anda bisa berperan di sini.

Baca juga: Cungkring, sajian khas Bogor yang diburu penggemar kuliner

Baca juga: Gang Selot, pusat sajian sehat Bogor


3. Es doger Taman Topi

Ada beragam kuliner di kawasan Taman Ade Irma Suryani atau sering disebut Taman Topi di Jalan Kapten Muslihat, Bogor, salah satunya es doger. Dari stasiun Bogor, Anda hanya tinggal berjalan sekitar 100 meter. Biasanya pedagang mulai berjualan sekitar pukul 10.00 WIB hingga sore hari. Satu gelas es doger berisi potongan buah alpukat, tapai, ketan hitam disiram susu kental manis dan sirup rasa strawaberry biasanya dibanderol Rp7 ribu.

4. Doclang Jembatan Merah

Dari stasiun Bogor Anda bisa berjalan ke arah Jalan Raya Dramaga atau mengikuti arah angkutan umum 02/07/03 yang melewati stasiun ke arah Jembatan Merah. Tak jauh dari Jembatan Merah akan terlihat deretan pedagang makanan salah satunya doclang yang biasanya dibanderol harga Rp12 ribu. Para pedagang ini buka mulai sore hari hingga malam hari.
Ilustrasi doclang (commons.wikimedia.org)


5. Pisang Cokelat dan Kue Bantal Jembatan Merah

Tak jauh dari gerobak doclang di kawasan Jembatan Merah, Anda bisa menemukan pedagang pisang cokelat dan kue bantal. Satu pisang cokelat dibanderol sekitar Rp1500, harga yang sama untuk satu kue bantal atau odading dan cakwe. Sayangnya, kedua jajanan ini hanya bisa Anda temui pada sore hari.
Ilustrasi cakwe (Pexels)
 
Ilustrasi pisang cokelat (commons.wikimedia.org)

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020