Sepak Bola Nasional

Shin Tae-yong bersurat ke PSSI pastikan segera kembali ke Indonesia

Shin Tae-yong bersurat ke PSSI pastikan segera kembali ke Indonesia

Pelatih Shin Tae-yong (kanan) memimpin latihan tim nasional sepak bola Indonesia di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (14/2/2020) malam. Sebanyak 30 pesepak bola dari total 34 yang dipanggil mengikuti latihan perdana yang dipimpin Shin Tae-yong. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Jakarta (ANTARA) - Manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengirim surat kepada PSSI yang isinya memastikan dia dan koleganya di staf kepelatihan timnas akan segera kembali ke Indonesia.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Kamis, Shin meminta kepada PSSI untuk menentukan jadwal kepulangannya ke Indonesia dan teknis lain terkait isolasi.

"Kami ingin informasi yang akurat tentang jadwal saya dan tim pelatih dari Korea Selatan ke Indonesia, lalu periode isolasi, tempat isolasi dan jadwal selama periode isolasi," kata Shin Tae-yong.

Selain itu, juru taktik asal Korea Selatan tersebut juga meminta PSSi untuk menyusun jadwal dan persiapan TC timnas U-19 di Korea Selatan.

Baca juga: Shin Tae-yong belum beri peta jalan program timnas senior

Kemudian, Shin juga menjelaskan kembali target-targetnya selama menangani tim nasional Indonesia.

"Tujuan utama adalah untuk lolos dari fase grup pada Piala Dunia U-20 tahun 2021 dan juara Piala AFF 2022. Oleh karena itu, yang lebih penting adalah Piala AFC U-19 2020 dan Piala AFF 2020 sebagai proses bagi kita untuk naik ke level yang lebih tinggi," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Untuk mencapai target tersebut, Shin Tae-yong pun meminta dukungan dari PSSI dan pemangku kepentingan sepak bola lainnya.

Pria berusia 51 tahun itu berharap semua pihak bekerja sama membangun fondasi sepak bola Indonesia yang kuat. Hal itu supaya, tujuan seperti naiknya peringkat FIFA, bukanlah karena target jangka pendek tetapi hasil manajemen strategis jangka panjang.

"Saya ingin mendapat dukungan semua pihak, sehingga kami dapat memberikan harapan kepada semua orang Indonesia melalui sepak bola selama masa sulit ini. Sekali lagi saya ingin bertemu Ketua Umum PSSI di Indonesia sesegera mungkin dan membahas tentang rencana kami," ujar Shin.

Baca juga: PSSI bersedia bicarakan TC ke Korea Selatan dengan Shin Tae-yong

Menanggapi surat Shin, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut bahwa pihaknya tengah menyiapkan segala sesuatunya.

"PSSI menunggu Shin Tae-yong untuk kembali ke Indonesia bertemu dengan kami. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan Shin Tae-yong untuk jadwal ke Indonesia. Visa dan Kitas Shin juga sudah ada," kata Iriawan.

Shin Tae-yong dan empat koleganya di staf pelatih timnas Indonesia yaitu Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, Lee Jae-hong serta Gong Oh-kyun kini masih berada di Korea Selatan. Mereka sudah di sana sejak April 2020.

Nantinya, mereka akan menangani latihan timnas senior dan U-19 Indonesia yang berlaga di turnamen internasional mulai Oktober 2020.

Baca juga: PSSI siapkan timnas hadapi tiga laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Indonesia akan menghadapi tiga pertandingan terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Meski peluang lolos ke putaran ketiga sudah tertutup, PSSI ingin timnas mendapatkan hasil terbaik demi mendongkrak peringkat FIFA.

Sementara timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Timnas U-19 ini diproyeksikan menjadi timnas U-20 yang akan bertanding di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Baca juga: Indonesia satu grup dengan tuan rumah di Piala Asia U-19 2020
Baca juga: Indra Sjafri yakin timnas U-19 lolos fase grup Piala Asia


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Taklukkan Indonesia, pelatih dan pemain Korea puji Abraham Damar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar