Liga Spanyol

Gagal jaga keunggulan, Celta tersungkur di kandang Osasuna

Gagal jaga keunggulan, Celta tersungkur di kandang Osasuna

Foto arsip - Para pemain Osasuna merayakan salah satu gol ke gawang Athletic Bilbao dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion San Mames, Bilbao, Spanyol, Minggu (16/2/2020). (ANTARA/AFP/Ander Gillenea)

Jakarta (ANTARA) - Celta Vigo gagal menjaga keunggulan untuk tersungkur 1-2 di tangan tuan rumah Osasuna dalam laga Liga Spanyol di Stadion El Sadar, Sabtu.

Sempat unggul cepat berkat gol Santi Mina, Celta gagal menjaganya dan tuan rumah malah menyamakan kedudukan melalui Enric Gallego.

Celta lantas menelan kekalahan dramatis ketika gawangnya dibobol Jose Arnaiz pada injury time, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Baca juga: Atletico gagal jaga keunggulan dan akhirnya diimbangi Celta

Hasil itu membuat Celta masih terancam degradasi karena tertahan pada urutan ke-16 dengan koleksi 36 poin dan cuma empat poin dari zona merah.

Sedangkan Osasuna (48) memelihara asa kecil tiket kualifikasi Eropa setelah menempati urutan ke-11 yang hanya tiga poin dari Real Sociedad (51) yang menduduki posisi ketujuh.

Celta yang datang dengan tekada menjauhkan diri dari zona degradasi tampil menyerang sejak awal laga dan membuka keunggulan 10 menit setelah laga berjalan melalui sepakan Mina yang memanfaatkan umpan Iago Aspas.

Wasit Valentin Pizarro Gomez dan VAR sempat meninjau proses serangan untuk memastikan Mina tidak terjebak offside sebelum mengesahkan gol ini.

Gol itu melecut tuan rumah untuk membongkar pertahanan Celta dan pada menit ke-23 Gallego menyambut umpan silang Pervis Estupinan dengan tandukan tajam untuk menaklukkan kiper Ivan Villar sehingga kedudukan imbang 1-1.

Baca juga: Pecundangi Sociedad, Granada terus dekati zona Eropa

Celta berusaha merestorasi keunggulan tetapi tembakan jarak jauh Rafinha dihentikan kiper Sergio Herrera dan sepakan Mina masih melenceng dari sasaran.

Sebaliknya Osasuna menciptakan tiga peluang tetapi tak satupun menemui sasaran hingga aba-aba istirahat disampaikan wasit.

Kedua tim terus saling serang dan tampaknya mereka bakal berbagi poin setelah skor imbang bertahan hingga menit-menit akhir menjelang bubaran.

Namun, memasuki menit pertama injury time Oier Sanjurjo mengirimkan umpan silang yang diselesaikan dengan sundulan Arnaiz untuk mengubur bola ke pojok kanan bawah gawang dan memastikan kemenangan Osasuna 2-1 atas Celta.

Osasuna akan bertandang ke markas Barcelona untuk laga pekan ke-37 yang digelar bersamaan pada Kamis 16 Juli  ketika di tempat terpisah Celta menjamu Levante.

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Real Madrid perlebar jarak lagi dari Barcelona
Baca juga: Real Madrid terancam kehilangan Marcelo sampai akhir musim


Susunan pemain:

Osasuna (4-4-2): Sergio Herrera; Facundo Roncaglia (Nacho Vidal), Aridane Hernandez, David Garcia, Pervis Estupinan; Roberto Torres (Kike Barja), Oier Sanjurjo, Darko Brasanac (Jon Moncayola), Inigo Perez; Enric Gallego, Adrian Lopez (Jose Arnaiz)
Pelatih: Jagoba Arrasate

Celta Vigo (3-4-1-2): Ivan Villar; Joseph Aidoo, Nestor Araujo, Jorge Sainz (Nolito); Hugo Mallo, Fran Beltran (Filip Bradaric), Okay Yokuslu, Lucas Olaza (Brais Mendez); Rafinha (Kevin Vazquez); Iago Aspas, Santi Mina (Juan Hernandez)
Pelatih: Oscar Garcia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar