Nusa Dua, Bal (ANTARA News) - Petenis Spanyol Maria Jose Martinez Sanchez akan menghadapi petenis Prancis Aravane Rezai pada semifinal Commonwealth Bank Tournament of Champions, setelah mengalahkan unggulan kedua Samantha Stosur, Jumat.

Dalam pertandingan ketiga babak round robin Grup B di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat, yang berlangsung ketat selama dua jam dua menit, Maria menang 7-6 (4), 7-5 atas Samantha Stosur.

Tujuh ace yang dihasilkan Samantha tidak menghindarkan dia dari kehilangan set pertama yang di dalamnya tidak satu pun di antara kedua pemain menghasilkan break.

Pada set kedua, Maria melakukan break pada game keenam dan mempertahankan servisnya untuk memimpin 5-2. Namun sejumlah kesalahan sendiri yang ia lakukan membuatnya gagal menutup pertandingan pada game kedelapan.

"Itu pertandingan yang sulit karena Samantha bermain sangat bagus," kata Maria yang belum pernah bertemu dengan Aravane Rezai sebelumnya.

Unggulan pertama asal Prancis Marion Bartoli meraih kemenangan atas Shahar Peer dari Israel 6-3, 6-2 dan akan melawan petenis Jepang Kimiko Date Krumm yang masuk ke turnamen tersebut melalui fasilitas wildcard.

Kimiko lolos ke semifinal setelah unggulan ketiga Yanina Wickmayer asal Belgia menarik diri dari turnamen tersebut dan digantikan oleh pemain cadangan Vera Dushevina dari Rusia untuk pertandingan terakhirnya melawan Anabel Medina Garrigues.

Yanina, semifinalis AS Terbuka, dikenai skorsing satu tahun oleh badan anti doping Belgia karena tiga kali gagal melaporkan keberadaannya kepada petugas anti doping.

Disebutkan bahwa skorsing tersebut langsung diberlakukan sehingga Yanina harus mundur dari Tournament of Champions di Bali.

Akibat pengunduran diri tersebut, Vera yang hanya bermain sekali dalam babak round robin dipastikan tersingkir sementara hasil "head to head" antara Kimiko dengan Anabel Medina Garrugues dimenangi Kimiko saat petenis berusia 39 tahun itu mengungguli petenis Spanyol itu 6-4, 6-3, Kamis.


Pecahkan rekor

Meski mengalami kekalahan, Samantha Stosur mencatat keberhasilan lain, memecahkan rekor servis tercepat WTA setelah menghasilkan servis dengan kecepatan 208 km/jam, mengalahkan rekor sebelumnya yang dihasilkan Venus Williams, 205 km/jam pada Oktober 1998.

"Sungguh tahun ini adalah tahun terbaik saya, saya mencapai peringkat 13 dunia, peringkat tertinggi yang saya raih," kata Samantha yang akan menikmati masa liburannya sebelum kembali berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi musim depan.

Turnamen berikutnya yang akan ia ikuti adalah kejuaraan beregu campuran Piala Hopman 2-9 Januari di Perth, Australia.

Saat ditanya apakah ia yakin dapat menembus 10 peringkat teratas dunia pada tahun depan, petenis yang meraih gelar di Osaka Jepang itu mengatakan, peringkatnya saat ini sudah mendekati 10 teratas sehingga dengan beberapa kemenangan lagi, meskipun tidak mudah, peluang itu ada.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009