New York (ANTARA News/AFP) - Saham Wall Street dibuka lebih tinggi pada Senin, karena sentimen investor dibantu oleh keputusan Kelompok 20 (G-20) untuk mempertahankan langkah-langkah stimulus untuk mempercepat pemulihan ekonomi dari resesi.

Dow Jones Industrial Average naik 78,90 poin (0,79 persen) pada pembukaan perdagangan ke 10.102,32 setelah rally kuat minggu lalu.

Indeks komposit Nasdaq meningkat 23,20 poin (1,10 persen) menjadi 2.135,64 dan pasar yang luas indeks Standard & Poor`s 500 menambahkan 9,46 poin (0,88 persen) menjadi 1.078,76.

Beberapa analis mengatakan pasar memperoleh keyakinan bahwa pemulihan ekonomi perlahan-lahan akan segera berakar. Lainnya mengatakan, rally minggu lalu setelah dua mingguan menurun masih rapuh.

Patrick O`Hare dari Briefing.com mengatakan dorongan untuk tren bullish pada Senin adalah keputusan pertemuan para menteri keuangan G20 selama akhir pekan bahwa langkah-langkah stimulus harus dilanjutkan.

"Dengan kata lain, menteri keuangan G20 mengurangi kekhawatiran pasar tentang langkah stimulus ditarik terlalu cepat," katanya.

"Pertimbangan yang terakhir ditambah dengan pengumuman minggu lalu (Federal Reserve) bahwa target suku bunga The Fed kemungkinan akan tetap di rekor rendah untuk jangka waktu yang panjang, telah secara efektif mengirimkan pesan kebijakan uang longgar akan tetap tanpa pengecualian," kata O`Hare.

Analis di Charles Schwab & Co mengatakan saham lebih tinggi hari Jumat menyusul "ketahanan dalam menghadapi laporan tenaga kerja Oktober yang mengecewakan dan setelah pemimpin keuangan dunia Kelompok G20 bertemu dan berjanji untuk menjaga upaya stimulus yang dikerahkan sampai pemulihan ekonomi terjamin."
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009