Lisbon, (ANTARA News) - Portugal akan tampil tanpa Cristiano Ronaldo dalam playoff kualifikasi Piala Dunia zona Eropa Sabtu ini, namun mereka masih sebagai favorit untuk bisa mengatasi Bosnia dan lolos ke Afrika Selatan.

Simpang siur soal kesiapan bintang Real Madrid itu akhirnya berakhir setelah hasil tes medis menyimpulkan bahwa ia tidak mungkin tampil dalam pertandingan pertama di Lisbon 14 November dan pertandingan kedua di Zenica empat hari kemudian, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

Portugal kini berada di peringkat 10 dunia, 32 tingkat di atas Bosnia.

Namun tim Bosnia yang memiliki naluri menyerang itu juga sangat berambisi untuk meraih tiket ke putaran final Piala Dunia pertama kalinya. Apalagi jalan mereka kini sudah sangat dekat.

"Teorinya, kami punya kewajiban untuk menang. Kami adalah kandidat kuat untuk lolos Piala Dunia," kata pelatih Portugal Carlos Queiroz.

Portugal punya momentum yang bagus setelah dapat memenangi tiga pertandingan terakhirnya di kualifikasi Piala Dunia. Sebelumnya posisinya terancam karena tiga kali seri.

Pertahanan Portugal cukup kuat selama kualifikasi. Mereka hanya kebobolan lima gol.

Bek kanan Jose Bosingwa masih cedera, namun Portugal masih bisa mengandalkan Paulo Ferreira dan Miguel.

Lini belakang Portugal akan diuji oleh ketajaman serangan Bosnia, yang dalam 10 pertandingan kualifikasi telah mencetak 25 gol.

"Mereka (Bosnia) punya tiga pemain yang dapat membuat gol," kata Queiroz.

Ia menunjuk Edin Ezeko, yang mencetak sembilan gol di kualifikasi Piala Dunia dan berperan atas suksesnya Wolfsburg menjuarai Liga Utama Jerman dengan menyumbang 26 gol musim lalu.

Rekan satu klub Dzeko, Zvejzdan Misimovic yang bernomor punggung 10 juga merupakan pemain berkelas, sedangkan Zlatan Muslimovic adalah pemain yang produktif.

Bosnia juga mempunyai Miralem Pjanic dari klub Lyon yang ahli tendangan bebas.

Pelatih Bosnia Miroslav Blazevic, pria cerdas berusia 74 tahun yang mengantar Kroasia ke semifinal Piala Dunia 1998, mengatakan bahwa timnya akan mencoba mengunci Portugal di lapangan tengah.

Semenara itu di lini depan Portugal, dengan absennya Ronaldo, masih punya Nani dan Simao yang sama-sama tampil bagus dan mampu mencetak gol saat pertandingan penting kualifikasi sebelumnya.

Pelatih Queiroz juga berharap playmaker Deco dapat mengulang kecemerlangannya saat memperkuat Chelsea akhir-akhir ini.

Menurut Queiroz, pengalaman para pemainnya akan menjadi faktor kunci untuk memenangi pertandingan playoff nanti.

"Kami harus memanfaatkan pengalaman dan kematangan kami.

Kemungkinan susunan pemain:

Portugal: Eduardo; Miguel, Ricardo Carvalho, Bruno Alves, Duda; Pepe, Deco, Raul Meireles; Nani, Simao Sabrosa, Liedson.

Bosnia: Kenan Hasagic; Emir Spahic, Sanel Jahic, Boris Pandza, Safet Nadarevic; Elvir Rahimic, Zvjezdan Misimovic, Sejad Salihovic, Miralem Pjanic; Edin Dzeko, Vedad Ibisevic.

Wasit: Martin Atkinson (Inggris).(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009