Singapura, (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dijadwalkan dapat mengikuti jamuan santap malam para kepala negara/pemerintahan Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

Menurut keterangan yang diperoleh dari Sekretariat APEC di SIngapura, Sabtu siang, Presiden Obama dapat mengikuti sesi makan malam pertemuan puncak ke-17 APEC di Esplanade --salah satu landmark kebanggaan Singapura.

Dalam sesi makan malam itu pula dikabarkan akan dilakukan sesi foto resmi para kepala negara/pemerintahan APEC, termasuk diantaranya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang telah berada di Singapura sejak Kamis (12/11).

Sebelumnya Presiden Obama sempat dikabarkan tidak akan dapat mengikuti jamuan santap malam itu karena penundaan keberangkatannya ke Singapura.

Oleh karena Obama mula-mula hanya akan mengikuti pertemuan informal APEC pada Minggu (15/11) maka pihak penyelenggara disebutkan akan memindahkan sesi foto resmi APEC pada Minggu dengan konsekuensi para kepala negara/pemerintahan batal mengenakan busana khusus yang telah dipersiapkan oleh salah satu perancang ternama Singapura dan mengenakan pakaian resmi biasa yang berupa setelan jas.

Keputusan itu diambil karena dikhawatirkan tidak ada kesempatan bagi para kepala negara/pemerintahan itu untuk berganti pakaian mengingat padatnya jadwal acara.

Namun, dengan keputusan Presiden Obama untuk menghadiri jamuan santap malam maka boleh jadi sesi foto resmi APEC akan tetap dilakukan pada Sabtu petang (14/11) dengan busana yang telah dipersiapkan oleh Singapura.

Wykidd Song --perancang busana yang telah berkiprah dalam dunia mode selama 16 tahun terakhir-- telah mempersiapkan busana yang disebutnya sebagai busana peranakan Singapura untuk sesi foto tersebut.

Menurut Song, busana itu merupakan cerminan masyarakat Singapura yang multi budaya. Masyarakat Singapura terdiri dari keturunan China, India dan Melayu.

"Hal pertama yang ingin saya tangkap adalah cerminan Singapura ... saya juga mencoba menangkap kekhasan `Asia` dalam desain itu. Saya melihat kebudayaan Peranakan sebagai campuran dari berbagai macam budaya di Asia Tenggara, seperti yang terdapat di Singapura," kata Song dalam laman resmi APEC Singapura 2009.

Untuk busana pemimpin pemerintah/negara wanita, Song menggunakan banyak detil dari bordir dalam desainnya sekalipun model busana tetap semi formal.

Ia juga menggunakan sutra dan warna-warna cerah bagi para pemimpin negara/pemerintahan agar selaras dengan cuaca Singapura.

Warna-warna yang digunakan dalam busana itu akan selaras dengan warna resmi logo APEC Singapura yaitu hijau, biru dan merah. Para pemimpin negara laki-laki akan mengenakan kemeja lengan panjang berwarna biru, merah atau hijau dengan model leher tegak sedangkan para pemimpin negara yang wanita mengenakan busana merah.

Busana itu juga dilengkapi dengan asesoris manset terbuat dari batu mulia, topaz biru, merah rhodolite atau hijau peridot. Sedangkan untuk wanita disediakan bros yang terbuat dari batu mulia merah rhodolite.

Sementara itu keterlambatan kedatangan Presiden Obama --kepala negara yang paling terakhir datang ke pertemuan puncak tersebut-- dikarenakan insiden penembakan di pangkalan militer AS di Texas yang menewaskan 13 prajurit AS.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009