Jakarta,  (ANTARA News) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla membantah isu-isu yang mengaitkan dirinya dengan Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin A Tumpa. 

"Saya kenal baik dan hampir semua orang Bugis saya kenal, tapi tidak ada hubungan macam-macam," kata Wapres M Jusuf Kalla usai shalat jumat di Jakarta.

Sebelum pemilihan Ketua MA dilakukan, Ketua Pelaksana MA Harifin Tumpa bersama Joko Sarwoko bermain golf bersama ipar Wapres Aksa Mahmud di Club Golf Bogor Raya. Kehadiran ipar Wapres tersebut memunculkan isu adanya kedekatan Wapres dengan Harifin Tumpa.

Lebih lanjut Wapres mengaku sama-sama alumnus Universitas Hasanuddin Makassar. Wapres menjelaskan bahwa untuk menjadi Hakim Agung MA dilakukan dengan seleksi yang ketat. Selain itu disyaratkan adanya pengalaman. Karena itu tambah Wapres anggota Hakim Agung MA pastilah orang-orang yang berpengalaman.

Wapres mengatakan di pucuk pimpinan MA saat ini terdapat dua orang Bugis yakni; Ketua MA Harifin A Tumpa dan wakilnya Abdulkadir Mappong. Namun, Wapres menjelaskan bahwa Harifin Tumpa punya prestasi hebat sebagai hakim, dan telah menjadi hakim selama 32.

"Sama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pasti banyak kenal orang Jawa, jadi jangan hanya karena satu suku terus dianggap macam-macam, nanti SARA itu," kata Wapres dengan nada tinggi.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009