Tanjungpinang (ANTARA News) - Ketua Divisi Keuangan dan Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Tibrani, mengatakan, anggaran pemilu kepala daerah (Pemilu Kada) Kepri yang diajukan untuk dua putaran diperkirakan disetujui Rp78 miliar.

"Setelah dipelajari dan dilakukan perbaikan seperti yang diusulkan DPRD Kepri, dari Rp116 miliar yang kami ajukan pertama mengalami penyusutan dan diperkirakan hanya Rp78 miliar yang disetujui untuk dua putaran," kata Tibrani di Tanjungpinang, Kamis.

Dia mengatakan, anggaran yang diajukan KPU Kepri sudah beberapa kali mengalami koreksi dan perbaikan oleh DPRD Kepri. Dari Rp116 miliar menyusut menjadi Rp101 miliar, kemudian menyusut lagi menjadi Rp86 miliar.

"Terakhir diperkirakan DPRD Kepri akan menetapkan anggaran untuk Pemilu Kada Kepri pada pertengahan 2010 nanti menjadi Rp78 miliar untuk dua putaran," ujarnya.

Pada putaran pertama, menurut dia, akan diputuskan DPRD Kepulauan Riau menjadi Rp55 miliar lebih, sedangkan untuk tahap kedua jika dilaksanakan akan ditetapkan sebesar Rp22 miliar lebih.

Rencana pengurangan usulan anggaran dari KPU oleh DPRD tersebut, menurut dia, akan menyebabkan terjadinya pemangkasan anggaran pada beberapa jenis kegiatan yang akan dilakukan oleh KPU selama tahapan pemilu.

"Mau tidak mau ada beberapa jenis kegiatan yang harus dipangkas anggarannya," kata Tibrani.

Seharusnya, katanya, anggaran untuk Pemilu Kada di Kepulauan Riau dianggarkan lebih tinggi, karena keadaan geografis wilayah Kepulauan Riau itu sendiri yang terdiri dari ribuan pulau.

"Tidak bisa anggaran tersebut dirasionalkan dengan jumlah penduduk yang ada, mengingat daerah Kepri menyebar di beberapa pulau, berbeda dengan daerah yang hanya satu daratan, sehingga biaya yang dibutuhkan lebih kecil," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009