Palangkaraya (ANTARA News) - Grand Master (GM) Susanto Megaranto asal Jabar mengalahkan jago tua GM Ardiansyah dari Riau dalam pertandingan katagori catur cepat 25 menit di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) Kamis malam.

Dalam pertandingan di kejuaraan nasional (Kejurnas) ke-40 yang berlangsung di gedung KONI Kalteng, tersebut beberapa kali pecatur tua kelahiran Kalimantan selatan (Kalsel) itu mengusap wajahnya.

Sementara pecatur muda Susanto Megaranto yang masih usia 22 tahun yang disebut-sebut sebagai pecatur masa depan itu, dengan santainya meledani permainan Ardiansyah.

Dalam permaianan catur cepat itu yang disaksikan puluhan penonton trsebut, tampak Ardianyah terpengaruh kecepatan Susanto Megaranto sehingga ia ikut-ikutan tanpa pikir panjang dalam permaianan cepat itu, sehingga tak terduga akhirnya ia kalah posisi.

Akibat kalah posisi, ditambah serangan Susanto Megaranto yang terus menekan, Ardiansyah menjadi kewalahan hingga posisinya tidak mengutungkan lagi, akhirnya Ardiansyah menyalami Susato Megaranto tanda menyerah.

Sementara di kelas catur klasik senior putra, posisi Ardiansyah masih jauh di atas Susanto Megaranto.

Dalam pertandingan ronde kelima dari 13 ronde, dari 240 peserta dikelas klasik senior putra ini, Ardiansyah berada pada ranking kedua dengan poin 5 1/2.

Ranking pertama diraih NM Pitra Andika dari Sumatera Utara dengan poin 6.

Sementara Susanto Megaranto yang merupakan GM termuda masih berada di ranking 13 dengan poin 4 1/2.

Sepuluh besar ranking kelas senior putra pada katagori catur klasik ini, I NM Pitra Andika (Sumut), II Ardiansyah (Riau), III NM Hasian Panggabean (DKI), IV NM Aris Tumpak Sinurat ( Jabar), V NM Deni Sonjaya (Jabar), dan ranking VI NM Iqra Moesa Putra (Jatim).

Ranking VII diraih NM Sugeng Prayitno (Kaltim), VIII IM Tirta Chandra Purnama (DKI), IX IM Danny Yuswanto (DKI) serta ranking X NM Junaid Pamungkas (Kaltim).

Kejurnas yang dibuka oleh Gubernur Kalteng, Teras Narang mulai Senin (16/11) tersebut diperkirakan akan berakhir hari Minggu (22/11) mendatang.

Kejurnas di Kalteng ini dipertandingkan beberapa katagori catur klasik seperti kelas senior putra, senior putri, junior a, junor b junior b, junior d, junior e, junior f dan junior g. Selain itu dinomor klasik ini juga dipertadingan kelas veteran usia 55 tahun ke atas.

Selain itu juga dipertandingkan catur cepat dan catur kilat.

Sistem pertandingan untuk senior putra sistem swiss 13 babak, senior putri sistem swiss 11 babak, junior a putra dan putri sistem swiss 11 babak, junior B-G putra dan putri, veteran, serta catur cepat dan kilat sistem swiss sembilan babak.

Selain kejurnas juga digelar Rakernas percasi ke-32 tahun 2009 mengambil tempat di aula KONI kalteng, kemudian pelatihan dan wasit catur nasional mengambil tempat di aula KONI Kalteng.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009