Jakarta (ANTARA) - Megabintang Juventus Cristiano Ronaldo mengincar rekor demi rekor saat Bianconeri bertandang ke markas Udinese di Stadion Friuli pada laga lanjutan Liga Italia, Jumat (24/7) dini hari WIB.

Pada pertandingan sebelumnya melawan Lazio, Selasa (21/7), Ronaldo yang mengemas dua gol membuatnya telah mengoleksi 30 gol dalam satu musim. Dwigol tersebut sekaligus membuat dia telah mengoleksi total 51 gol di Liga Italia sejak tiba di Turin pada Juli 2018.

Pemain berusia 35 tahun itu tak hanya menjadi pemain pertama yang mencetak 50 gol di Italia, Spanyol, dan Inggris, tetapi juga yang tercepat melakukannya dengan 61 laga.

Pada laga melawan Udinese, pemain asal Portugal itu berpeluang menyamai rekor gol satu musim milik mantan juara Piala Dunia Italia, Felice Borel, yang merupakan pemain Juventus yang mengoleksi 32 gol pada musim 1933-1934.

Baca juga: Ronaldo ukir sejarah baru saat Juve taklukkan Lazio

Ronaldo yang saat ini memuncaki cappocanoniere (pencetak gol terbanyak) bersama Ciro Immobile dari Lazio dengan 30 gol juga berpeluang besar mendekati catatan pemain Bayern Munchen Robert Lewandowski yang mencetak 34 gol di Bundesliga musim ini.

Rekor lain yang diincar Ronaldo adalah rekor satu musim di Serie A milik Gonzalo Higuain dengan 36 gol saat berseragam Napoli pada musim 2015-2016.

“Cristiano tidak bisa diprediksi. Jika dia fokus pada sesuatu, dia akan sangat benar-benar mengejarnya,” kata manajer Juventus Maurizio Sarri sebagaimana dikutip AFP, Rabu.

“Dia tidak hanya siap secara fisik, tapi juga mental. Dia adalah seorang juara dengan kaki dan pikirannya.”

Baca juga: Dwigol Ronaldo bawa Juve unggul delapan poin di pucuk klasemen

Juventus selangkah lagi untuk meraih kembali gelar Liga Italia kesembilan secara beruntun jika berhasil menang melawan Udinese.

Namun tahta Serie A tersebut baru bisa dipastikan milik Juventus apabila Inter Milan, yang kini selisih delapan poin dari Juventus, kalah dari Fiorentina pada laga Kamis (23/7) dini hari nanti.

Kendati begitu, Juventus masih bisa memenangkan Scudetto ke-36 saat menghadapi Sampdoria. Itu akan menjadi gelar liga pertama bagi Sarri.

Baca juga: Ronaldo senang dengan rekornya, namun utamakan kemenangan tim
Baca juga: Ronaldo mengaku ngotot ingin gol dari tendangan bebas


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020