Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah ruas jalan di wilayah DKI Jakarta, Rabu pagi, mengalami kemacetan dan penumpukan kendaraan antara lain akibat genangan air pascahujan yang turun beberapa jam sejak dini hari.

"Kendaraan harus mewaspadai genangan air," kata petugas Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Bripka Ganda Ritonang, di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan data TMC, sejumlah titik genangan air terdapat antara lain di Jalan Ahmad Yani di perempatan Coca-Cola, di Jalan Sudirman dekat Stasiun Dukuh Atas, Jalan Latuharhary, dan Jalan Salemba Raya.

Selain itu, genangan air juga terpantau seperti di Jalan Ir Juanda, Jalan Fatmawati, dan Jalan TB Simatupang.

Sedangkan kemacetan panjang pascahujan terpantau di banyak ruas jalan, misalnya di Jalan MT Haryono dari arah Cawang menuju Pancoran, Jalan Pasar Minggu Raya dari arah Kalibata menuju Pancoran, dan Jalan Warung Buncit dari Cilandak menuju Mampang Prapatan dan Kuningan.

Antrean kendaraan di sejumlah ruas lalu lintas juga diperparah karena kemacetan itu terjadi pada jam masuk kantor anak sekolah dan pegawai kantoran di wilayah ibukota.

Sebelumnya, wilayah Jakarta dan sebagainya diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang sejak Rabu dini hari.

Untuk itu, pengguna jalan raya diimbau lebih berhati-hati karena selain membuat padat arus lalu lintas, jalanan yang basah juga akan membuat licin roda kendaraan.

TMC juga mengimbau dalam keadaan hujan agar mewaspadai terhadap pohon tinggi dan papan reklame.

Imbauan tersebut antara lain karena kerap terjadi sejumlah pohon tumbang di berbagai daerah ibukota akibat hujan yang disertai angin kencang.

Genangan air juga patut diwaspadai karena kerap menutup lobang di jalan raya sehingga berpotensi mengakibatkan kecelakaan.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009