Jakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menggelar forum nasional riset industri Indonesia untuk mendukung daya saing sektor industri di Indonesia.

"Forum ini menjadi salah satu kegiatan UGM mendorong peran serta universitas dalam bekerja sama dengan industri untuk meningkatkan daya saing industri," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Layanan Riset Industri Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Gadjah Mada (LPPM-UGM) Yusril Yusuf di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, forum ini akan diselenggarakan pada 1 Desember 2009 (Selasa) di Hotel Borobudur. "Diharapkan dengan forum yang bertajuk 1st Indonesia Industry Research Forum (1st IIRF 2009) dapat semakin memberikan pemahaman perlunya pengembangan ilmu pengetahuan di universitas yang dapat berhubungan dengan dunia industri," katanya.

Ia menjelaskan, selama ini UGM melalui LPPM UGM terus mendorong kemitraan dengan pihak industri. Menurut dia, UGM telah menyediakan dana untuk riset unggulan strategis nasional UGM.

Riset tersebut meliputi enam bidang strategis yaitu ketahanan pangan, sumber energi baru dan terbarukan, kesehatan dan obat-obatan, teknologi dan manajemen transportasi, teknologi informasi dan komunikasi dan teknologi pertahanan dan keamanan.

Menurut dia, riset ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan menjadi garda utama dalam menggerakkan perekonomian. Hal ini seiring dengan kebutuhan manusia untuk terus beradaptasi dengan lingkungan.

"Tak bisa dielakkan, Iptek berperan sangat penting bagi masa depan manusia," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009