Gandeng Astra, Mendes optimistis kesejahteraan warga desa meningkat

Gandeng Astra, Mendes optimistis kesejahteraan warga desa meningkat

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar berbicara dalam kegiatan virtual penandatanganan nota kesepahaman kerja sama pengembangan DSA dari Kantor Kemendes PDTT Jakarta, Rabu (29/7/2020). (ANTARA/Katriana)

Saya bersyukur, dari 685 desa, bertambah sekarang menjadi 750 desa
Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar optimistis kelanjutan kolaborasi bersama PT Astra melalui Program Pengembangan Desa Sejahtera Astra (DSA) akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

"Saya bersyukur, dari 685 desa, bertambah sekarang menjadi 750 desa. Saya berharap atas nama warga masyarakat desa, agar jumlah desa (yang dikembangkan) nanti terus bertambah dari waktu ke waktu," kata Halim, atau yang lebih akrab disapa Gus Menteri dalam kegiatan virtual penandatanganan nota kesepahaman kerja sama pengembangan DSA di Kantor Kemendes PDTT Jakarta, Rabu.

Baca juga: Mendes: Padat Karya Tunai Desa bantu turunkan kemiskinan di desa

Ia mengatakan program-program yang dilakukan dalam pengembangan DSA sangat mendukung target Kemendes PDTT untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat desa.

Program pengembangan tersebut, katanya, sesuai dengan salah satu dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang kemudian disesuaikan juga dengan kondisi kearifan lokal, yaitu tujuan pembangunan nomor 17, yaitu tentang pentingnya kemitraan untuk pembangunan berkelanjutan di desa.

Baca juga: Mendes PDTT: Dana Desa untuk BLT sudah disalurkan di 99 persen desa

"Ini artinya bahwa tidak mungkin desa atau pemerintah, apalagi Kemendes PDTT mampu untuk melaksanakan upaya-upaya percepatan pembangunan di desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa tanpa dukungan dari berbagai pihak," kata Mendes.

Ia mengaku salah satu dukungan luar biasa terhadap pembangunan desa tersebut diperoleh dari kerja sama bersama Astra melalui pengembangan DSA yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Baca juga: Mendes PDTT apresiasi Pariaman miliki sekolah beruk dikelola BUMDes

Baca juga: Optimistis, Mendes PDTT sebut ekonomi akan bangkit dari desa


"Untuk itu, atas nama pemerintah, atas nama Kemendes dan atas nama masyarakat desa, kami mengucapkan terima kasih kepada Astra yang selama ini berupaya maksimal dan terus melakukan pendampingan dan upaya menyejahterakan dengan tahapan yang sangat sistematis, mulai dari pelatihan, pembentukan kelembagaan, prasarana dan modal serta pemasaran," katanya.

Hal itu, kata Mendes, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan fokus pembangunan Kemendes PDTT di desa, yaitu menuju transformasi sumber daya manusia dan transformasi ekonomi.

"Jadi fokus kita pada dua hal itu dan salah satunya ini mendapatkan dukungan penuh dari Astra. Untuk itu kami ucapkan terima kasih," kata Gus Menteri.

Baca juga: Mendes PDTT sebut 98 persen desa telah salurkan BLT Dana Desa

Pewarta: Katriana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mendes-PDTT gaungkan cinta batik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar