Solo (ANTARA News) - Sejumlah artis ibukota Jakarta akan tampil dalam pergelaran musik nasional "Solo City Jazz 2009" di halaman Pasar Windujenar, Kota Solo, Jawa Tengah, pada 5 dan 6 Desember 2009.

"Artis ibukota yang akan tampil antara lain gitaris Donny Suhendra, penyanyi Andien, gitaris Agam Hamzah, harpis Maya Hasanduet penyanyi Dian Pramana Putra dan Deddy Dukun, Yovie Widianto, serta bassis grup band Padi, Rindra Risyanto," kata direktur pertunjukan acara tersebut, Gideon Momongan di Solo, Kamis.

Menurutnya, artis-artis ibukota tersebut saat ini diakui sebagai musisi dan penyanyi yang memiliki kepiawaian dalam membawakan musik jazz.

"Mereka akan saling berkolaborasi dalam pertunjukan musik jazz yang membawakan tema `Jazz Up Batik`," kata dia.

Selain dengan sesama artis ibukota, lanjut Gideon, para artis tersebut juga akan berkolaborasi dengan sejumlah musisi lokal, seperti Sruti Respati, Kiki Dunung, Wayan Sadra dan Sono Seni Ansamble, dan grup asal Yogyakarta, Clorophyl.

"Selama ini musik jazz dikenal sebagai musik yang lebih banyak dikonsumsi masyarakat kelas atas. Akan tetapi, dalam peregelaran kali ini musik jazz akan dikemas lebih merakyat dengan dikolaborasikan dengan bentuk-bentuk kebudayaan masyarakat Solo, dalam hal ini adalah batik," kata dia.

Semangat dalam kebebasan berekspresi pada musik jazz dan kesenian batik, menurutnya, menjadi motivasi tersendiri dalam mengkolaborasikan dua hal tersebut.

"Hal tersebut akan tersaji dalam pengemasan panggung yang akan dijadikan tempat pertunjukan," kata Gideon.

Selain itu, lanjut Gideon Momongan, pengemasan pertunjukan musik jazz dengan konsep kerakyatan tersebut juga dilakukan melalui kolaborasi musik jazz dengan musik etnik oleh sejumlah musisi.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta, Joko Widodo mengatakan, "Solo City Jazz 2009" merupakan salah satu dari sejumlah acara besar tentang kesenian yang diadakan di Kota Solo.

"Selain untuk mempromosikan Kota Solo, acara tersebut juga bertujuan untuk menunjukkan spirit kota ini sebagai kota budaya," kata dia.

Joko Widodo berharap, pergelaran musik jazz tersebut dapat dilakukan setiap tahun di Solo sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan untuk hadir di kota tersebut.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009