Jakarta (ANTARA News) - Indonesia tidak mempunyai wakil di semifinal kejuaraan bulu tangkis Super Series Masters Finals (Final Super Series) 2009, setelah semuanya tersingkir pada babak penyisihan grup.

Ganda campuran Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa menjadi wakil Indonesia terakhir yang tersingkir dalam putaran terakhir babak penyisihan grup turnamen yang digelar di Johor Baru, Malaysia, Jumat.

Pasangan tersebut kalah oleh ganda Inggris Anthony Clark/Donna Kellogg 15-21, 21-16, 15-21 pada Grup B sekaligus memastikan Clark/Kellogg menjadi juara grup setelah mengumpulkan tiga kemenangan dari tiga pertandingan.

Sebelumnya harapan pasangan Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama juga pupus setelah mereka tumbang di tangan pasangan Malaysia Mohd Zakry Abdul Latif/Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari 13-21, 13-21 sehingga mereka tidak meraih satu kemenangan pun dalam ketiga pertandingan Grup A.

"Tadi mainnya tidak bisa `fight` karena Yonatan tangannya sakit setelah jatuh waktu melawan Koo Kien Keat/Tam Boon Heong kemarin," kata Rian.

Menurutnya pasangannya itu merasakan ngilu saat melakukan pukulan.

Bahkan pasangan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan yang meraih kemenangan atas Anthony Clark/Nathan Robertson dari Inggris 21-16, 21-18 pun tidak lolos ke babak empat besar karena hanya menduduki urutan ketiga dalam grupnya.

Hanya juara dan runner-up grup yang lolos ke semifinal turnamen tutup tahun berhadiah 500.000 dolar AS itu.

Satu-satunya pemain tunggal Indonesia yang ambil bagian dalam turnamen akhir tahun tersebut, Taufik Hidayat, juga tersisih setelah mengalami kekalahan ketiga dari tiga pertandingan grup.

Dalam pertandingan grup terakhirnya, juara Olimpiade Athena itu kalah dari pemain Taiwan Hsieh Yu Shin 17-21, 15-21 setelah sebelumnya menyerah kepada bao chunlai dari China dan juara bertahan asal Malaysia Lee Chong Wei.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009