Bandung, 9/12 (ANTARA) - Ratusan mahasiswa dari berbagai elemen melakukan aksi sambil berjalan kaki atau "longmarch" dari Gedung Sate hingga Bank Indonesia di Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat dalam memperingati Hari Anti Korupsi.

Ratusan Mahasiswa tersebut terdiri dari berbagai elemen seperti Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Bandung, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (Kammi).

Kedatangan mereka ke gedung Bank Indonesia menuntut penuntasan kasus Bank Century.

"Kasus Bank Century melibatkan Wakil Presiden Budiono. Karena pada saat itu Budiono merupakan Gubernur BI saat pengucuran dana Bank Century," ujar pendemo disela aksinya.

Sebelum melakukan aksi di gedung Bank Indonesia, ratusan pendemo sempat berhenti melintasi Mall Kota Bandung, di jalan Merdeka. Mereka menyerukan kepada para pengunjung tempat pembelanjaan tersebut untuk mengingatkan bahwa hari ni (Rabu) merupakan hari Anti Korupsi sedunia.

Aksi long march tersebut dikawal oleh kepolisian. Puluhan Polisi lalulintas pun mengamankan aru lintas jalan.

Akibat demo longmarch tersebut, ruas jalan Kota Bandung dipadati oleh kendaraaan.

Di depan gedung Bank Indonesia sendiri, saat ini badan jalan dipotong oleh pendemo.

Kendaraan roda empat yang biasanya berjalan tiga arah. Namun karena pendemo sudah melakukan aksi di dalam gedung, arus lalu lintas menuju jalan Braga disatu arahkan. Hingga membuat kendaraan perayap.

Sekitar 50 petugas kepolisian dari Polwiltabes Bandung menjaga gerbang pintu masuk ke Gedung BI tersebut untuk menjaga ketertiban saat demonstrasi.

Sebelumnya, Ratusan mahasiswa dari berbagai elemen ini melakukan aksi demo di gedung Kegubernuran Jawa Barat.***3***

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009