Vientiane (ANTARA News/AFP) - Laos dan Singapura lolos ke semi final cabang sepak bola SEA Games, Kamis, saat Singapura merebut lima medali emas dari cabang renang yang mengantar mereka ke posisi teratas perolehan medali.

Laos dan Singapura, yang saling bertemu pada pertandingan terakhir di Grup B, menyadari bahwa hasil imbang saja sudah cukup bagi kedua tim tersebut untuk melangkah ke babak berikutnya.

Meskipun ada beberapa peluang bagi tim tuan rumah, kedua tim terlihat malas untuk menyerang selama babak kedua dan pertandingan berakhir dengan kedudukan imbang 0-0.

Hasil tersebut menyingkirkan Indonesia, yang hanya mengumpulkan satu poin, bersama dengan Myanmar, yang pada pertandingan terakhir Grup B itu mengalahkan Indonesia 3-1.

Mempertimbangkan antusias penduduk Laos, kedua pertandingan itu dipindahkan ke stadion yang berkapasitas 20 ribu tempat dudukan di Komplek Olahraga Nasional. Sebelumnya pertandingan dijadwalkan di tempat yang memuat 10 ribu penonton.

Sementara itu dari kolam renang, Singapura merebut lima medali emas dari tujuh nomor final yang dilombakan, termasuk rekor baru SEA Games, 56,03 detik yang dicetak Quah Ting Wen pada nomor 100 meter gaya bebas putri dam catatan waktu baru pada 4x200 gaya bebas, delapan menit 11,75 detik.

Perenang Malaysia Siow Yi Ting mencetak rekor baru SEA Games sekaligus memenangi 200 meter gaya ganti perorangan putri dengan waktu 2:14.57.

Singapura, yang menyapu bersih tujuh medali emas tenis meja pada SEA Games 2007 di Korat, Thailand, melanjutkan dominasi mereka, memenangi beregu putra dan putri.

Singapura kini mengumpulkan 11 medali emas, hampir dua kali lipat dari Thailand dan Vietnam, yang masing-masing mengumpulkan enam medali emas. Negara yang belum meraih emas adalah Timor Timur dan Brunei.

Dua tahun lalu, Thailand mendominasi perolehan medali dengan 183 emas dari total 477, mengungguli posisi kedua Malaysia yang mengumpulkan 68 emas, dan Vietnam dengan 64 emas.

SEA Games ke-25 dibuka di ibukota Laos, Vientiane, Rabu malam, dengan Thailand sepertinya akan mendominasi kembali.

Atlet-atlet dari 11 negara berkompetisi dalam 28 cabang olah raga, dengan atletik baru akan digelar hari Minggu.

Negara-negara yang mengikuti SEA Games itu adalah Brunei Darusalam, Kamboja, Timor Leste, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Singapura. SEA Games akan ditutup pada 18 Desember.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009